Kuliner Makassar

Written By Rison Sarundaek on Selasa, 22 Desember 2009 | 17.16

Makassar, Sulawesi Selatan menyimpan banyak keanekaragaman makanan yang menarik untuk wisata kuliner Anda, makanan khas Makassar antara lain Coto Makassar, Sop Konro, Sop Saudara,Kapurung Pisang Epe, dan otak-otak dan masih banyak lagi yang lain, baru mendengar saja namanya sudah membuat lidah bergoyang dan perut bernyanyi. berikut ini saya sajikan beberapa makanan Khas Tradisional Sulawesi selatan khususnya makassar.

COTO MAKASSAR

Masakan khas atau tradisional Makassar. makanan ini berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar yang terbuat dari jeroan dan daging yang terdiri dari usus, hati, otak, daging sapi atau kuda, dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan, daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Pada umumnya Coto Makassar disajikan/dimakan bersama ketupat.


SOP KONRO

Masakan khas daerah yang disajikan berupa sop berkuah maupun dibakar dengan bahan-bahan dasar seperti tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak/dibakar dengan bumbu ketumbar, jintan, sereh, kaloa, bawang merah, bawang putih, garam, vitsin yang sudah dihaluskan. Sop Konro pada umumnya disajikan/dimakan bersama nasi putih dan sambal.


SOP SAUDARA

Masakan khas daerah yang berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar seperti daging sapi/kerbau yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama nasi putih atau ketupat dengan Ikan Bakar sebagai tambahan lauknya.


KAPURUNG

Walaupun bukan asli khas Kota Makassar, aslinya dari Luwu. Makanan ini bisa anda nikmati di Kota Makassar sekitar jalan Rajawali II. Bagi penikmatnya, makan kapurung dianggap memiliki seni tersendiri dan sensasi yang luar biasa. Anda harus mencobanya.


PISANG EPE'

Makanan khas daerah yang terbuat dari pisang kepok yang mengkal, dibakar dan dipipihkan. Pisang Epe' disajikan dengan kuah air gula merah yang biasanya telah dicampur dengan durian atau nangka yang aromanya dapat membangkitkan selera.


OTAK-OTAK

Kudapan bergizi karena terbuat dari ikan , biasanya otak-otak disajikan sebagai makanan pembuka




Selain masakan khas tersebut diatas, masih banyak lagi masakan khas Makassar lainnya, Palluce'la, Pallu Kaloak (Sop Kepala Ikan, nikmati di jalan Tentara Pelajar), aneka Seafood, dan lain sebagainya.

2 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...