MEMBINA PRIBADI MENJADI DINAMIS DAN KREATIF

Written By Rison Sarundaek on Selasa, 10 Juli 2012 | 20.53


Sukses dan kebahagiaan bagi seseorang berbeda-beda ujudnya, akibat perbedaan  latar belakang pendidikan, pengalaman, lingkungan hidup dan tingkat sosial ekonomi dll. Namun umumnya setiap orang, akan berbahagia apabila cita-citanya terwujud. Sukses bagi seseorang  mungkin berupa kekayaan, pangkat, jabatan, kedudukan, tingkat pendidikan, ketenteraman hidup, pengembangan diri, lingkungan sosial yang nyaman, atau  keluarga sakinah, barokah dan mawadah, dapat berujud kepuasan material/non material atau keduanya pada tingkat tertentu.

tidak mungkin akan terwujud tanpa suatu usaha, berperilaku pasif” atau  bersikap  hanya “menunggu”.  Anda harus “aktif” mencapainya dengan segala kemampuan  pikiran dan hati  (IQ, EQ dan SQ)  yang pada dasarnya memiliki  berpotensi tak terhingga besarnya. Potensi diri Anda  yang melimpah ruah atas  anugerah Allah SWT tersebut, umumnya belum dimanfaatkan secara maksimal.

Langkah utama adalah  bagaimana mengubah diri Anda menjadi pribadi yang lebih kreatif dan dinamis, dimulai sekarang juga, jangan menunggu !.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya orang baru memanfaatkan potensi dirinya (IQ, EQ, SQ, AQ) baru sekitar 10% – 15% saja. Jadi saldo potensi diri Anda yang belum dimanfaatkan  masih sekitar 90% – 85%.Siapapun yang rajin, aktif dan serius menggunakan pikiran/akalnya secara maksimal, akan mampu mencapai sukses lebih cepat, bahkan  selagi muda.Bukankah banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang menganjurkan manusia agar rajinberfikir ? Sudahkan anjuran Allah tersebut kita laksanakan ??

MENUMBUHKAN PRIBADI YANG KREATIF  DAN DINAMIS
 
Pribadi yang kreatif dan dinamis, dapat dibentuk dengan 2 cara sederhana, yakni  :
  1. Membiasakan diri menggunakan waktu secara lebih bermanfaat (efektif dan efisien)
  2. Menggugah   bakat, kemampuan  atau potensi kepribadian Anda secara maksimal.
Penerapannya dapat dilakukan  antara lain sbb. :
  1. Menghimpun potensi pikiran bersama pengalaman Anda untuk menumbuhkan suatu gagasan.
  2. Memanfaatkan saldo potensi diri berupa bakat/nalar/otak yang saldo potensinya masih sekitar 85% - 90% itu , dengan aktif,  kreatif dan dinamis, diarahkan (difokuskan) untuk mencapai sasaran gagasan Anda.
  3. Menggunakan waktu Anda selama 24 jam penuh, untuk kepentingan yang menguntung-kan/bermanfaat.
  4. Menciptakan gagasan baru, yangmampu menghasilkan manfaat atau serta  membangkitkan gaerah hidup baru. Gagasan baru dimaksud sebagai hasilevaluasi   atas cara berfikir dan bertindak sebelumnya.
  5. Mengolah gagasan baru itu dengan memanfaatkan segala sumber daya, kegemaran dan pengalaman  Anda,  untuk  mendapatkan manfaat/keuntungan yang lebih besar.
  6. Dengan membangun pribadi yang kreatif dan dinamis, arahkan segala kegiatan menuju pecapaian tujuan/sasaran sukses yang dipilih. Usahakan senantiasa membangkitkan gaerah hidup, kepercayaan diri, daya cipta dan kegembiraan.
  7. Bentuklah kepribadian Anda yang kreatif dan dinamis tsb untuk dipraktekan meliputi   lingkungan sosial dan lingkungan kerja seperti  atasan, rekan kerja, bawahan, sahabat, tetangga, sanak famili dsb
  8. Peliharalah kepribadian kreatif dan dinamis Anda dengan membiasakan diri atau sering mempraktekannya dalam kehidupan, dengan memanfaatkan setiap kesempatan/peluang sebaik-baiknya  untuk meningkatkan kualitas kepribadian Anda.
MENGHIDUPKAN MESIN BERFIKIR DAN GAGASAN
Cara menghidupkan mesin berfikir dinamis dan menumbuhkan gagasan, usahanya harus Anda  lakukan sendiri. Sebab Andalah yang paling tahu tentang potensi diri dan bakat diri  sendiri.
Berikut disajikan beberapa contoh sasaran-2 sukses yang mungkin Anda rencanakan/pilih.
Tugas Anda adalah :
Meneliti dan mengidentifikasi sasaran-2 tersebut dalam daftar terlampir, mana yang menurut Anda termasuk Sasaran yang  mutlak kukehendaki (pilihan no. 1), atau yang hanya sebagai minat yang Anda  tuju (pilihan no. 2), atau Sasaran yang bukan/tidak cocok  bagi Anda (pilihan no.3). Kemudian berilah tanda contreng (V) pada kolom yg tersedia sesuai dengan pilihan Anda.
  1. Setelah Anda memilih, buatlah rencana tindakan (action plan) terbaikuntuk mencapai sasaran sukses tersebut, diskusikan dengan teman dekat, istri/suami,  famili dekat, atau tanyakan kepada yang ahli.
  2. Untuk membuat rencana tindakan tersebut, terlebih dahulu identifikasi hal-hal terkait dengan sasaran tsb dan pencapaiannya, utamanya mengenai : (a) apakah ujud, sifat dan bobot sasaran tsb, (b)kemampuan/potensi diri Anda untuk sarana pencapaiannya,  (c) pokok permasalahan, (d) hambatan dan peluangnya,(e) manfaat dan kerugiannya, (f) pendekatan/ metoda atau cara mencapainya, serta (g)kapan dilaksanakan atau jadwal waktunya. Ingatlah akan perta- nyaan berikut : 5W + 1 H (What, Why, Who/Whom, Where, When dan How).
No
Sasaran gagasan untuk dipilih oleh masing-2 Individu dan cara mencapainya agar didiskusikan dgn teman/keluarga dekat

V

V
V

Teliti dan tetapkan/pilih tingkat manfaatnya bagi kepentingan Anda
( 1)
(2)
(3)

1
2.
3.
4.
5.

aya ingin lebih cepat maju dalam  pekerjaan/karir/usaha saya
Saya ingin pindah  pekerjaan/usaha  agar dapat penghasilan  lebih baik
Saya ingin menjadi orangtua  yang berhasil mendidik anak-anak saya menjadi anak/orang yang berpendidikan cukup dan  berakhlak baik.
Saya ingin memiliki banyak teman bergaul agar hidup saya lebih terasa gembira, bergairah dan bermakna
Saya ingin menyelesaikan studi  saya tepat pada waktunya



6.
7.
8.
9.
10.
Saya tidak  senang menganggur dan ingin cepat dapatkan pekerjaan.? (Perbanyak pergaulan/silaturahmi)
Saya ingin memajukan Perkumpulan/Paguyuban  yang ada sekarang  menjadi lebih besar dan lebih bermanfaat bagi diri pribadi dan masyarakat.
Saya ingin hidup lebih mandiri, tidak banyak tergantung pada orang lain.
Saya ingin lebih menarik perhatian pihak lawan jenis agar segera menda-pat pasangan hidup yang sesuai dengan harapan saya, mengingat usia saya sudah cukup.
Catatan :
Anda sendiri dapat mengembangkan pernyataan-2 di atas, dan mencari jawab-annya sesuai dengan keadaan atau permasalahan pribadi masing-masing



SIFAT-SIFAT PRIBADI YANG DINAMIS
Cobalah perhatikan sekeliling Anda, tempat bekerja, lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal, lingkungan organisasi dan masyarakat, maka akan Anda temukan orang-2 yang memiliki ciri-ciri/sifat-sifat sangat antusias dan kreatif serta serba bergairah. Mereka umumnya rajin berbuat dengan gembira untuk kepentingan orang lain dan termasuk pribadi yang dinamis  yang  bergembira dalam mengarungi hidupnya.
Ciri-ciri atau sifat-sifat pribadi yang dinamis, antara lain :
  1. Mereka subur dengan ide-ide dan karya-karya, serta  memiliki gaerah hidup, banyak teman dan lihay dalam memupuk bakatnya sendiri. Mereka bukan orang yang pasif, bersikap menunggu nasib atau pemalas, tetapi sebaliknya sangat aktif/rajin dalam mengejar cita-citanya.
  2. Mereka  selalu ingin tahu. Mereka selalu berupanya menanggapi permasalahan tentang sesuatu yg dijumpai dengan pertanyaan: 5 W + 1 H ( what, where, when, why, who + how).
  3. Pribadi yang tidak bisa tinggal diam. Mereka selalu giat, aktif, bergaerah, efektif dalam penggunaan waktu dan sarana kerja.
  4. Mereka biasa melakukan pendekatan yang polos dan sederhana (praktis).  Mereka bersedia menangani sendiri, merasakan, memikirkan dan menanggulangi permasalahan sendiri atas konsekuensi gagasan barunya.
  5. Pribadi yang bersifat independen. Mereka tidak suka terlalu  terikat pada sesuatu keten-tuan yang sama secara terus menerus. Mereka senang bersama orang banyak, dan orang banyak senang padanya. Mereka menghormati pikiran/gagasan orang lain, tetapi tidak suka sangat tergantung pada orang lain. Mereka bukan seorang pengritik.
  6. Mereka percaya penuh dengan kemampuan dirinya sendiri dalam memecahkan persoalan  Namun bersedia bekerjasama dengan pihak lain secara proporsional dan wajar.
  7. Pri badi yang harus memiliki daya cipta  yang kuat serta selalu ingin merencanakan sesuatu hal/perobahan baru.
  8. Pribadi yang memiliki semangat pengabdian yang besar. Mereka menekuni pekerjaannya dengan sungguh-sungguh, mencintai kehidupan dan lingkungannya.
  9. Pribadi  yang dinamis langsung memantapkan pelaksanaan tujuan, nilai-nilai dan gagasan secepat mungkin. Mereka bersifat sungguh-sungguh  dalam segala hal, terutama yang menyangkut masalah keluarga, sahabat, tetangga, dan lingkungan dekat.
  10. M ereka  mendahulukan hal-hal yang penting. Mereka sangatmenghargai waktu.
  11. Pribadi yang bersifat tahan uji/bantingan. Mereka tidak mudah menyerah dalam mencapai sasaran/tujuan/cita-cita. Mereka memiliki daya juang yang tinggi.
  12. Pribadi yang banyak menaruh minat dan mempunyai daya tarik minat terhadap orang lain. Mereka senang berteman dan banyak disenangi dalam pergaulan serta mampu  mem-pengaruhi orang lain. Mereka disukai dalam lingkungan pekerjaan, baik dalam keadaan kerja sendiri atau dalam suatu tim, karena mereka sadar benar tentang tujuan dan makna peker-jaan tersebut.
KESIMPULAN
Ujilah Sendiri Pribadi Anda
Telitilah diri Anda sendiri, apakah sudah/mudah menjadi seorang pribadi yang dinamis atau belum. Sampai dimanakah tahap yang telah Anda capai/terapkan dalam sikap dan perbuatan ? Sifat-sifat pribadi yang kreatif dan dinamis itu pada dasarnya adalah :
Kaya akan daya cipta, tidak mau tinggal diam, serba sederhana dalam memandang  segala sesuatu, tidak menggantungkan diri pada orang lain, menaruh kepercayaan terhadap  diri sendiri, memiliki daya khayal yang kuat, suka menemukan sesuatu yang baru, pengabdian diri yang besar, menga-rahkan perhatian penuh pada sasaran yang dituju, kemampuan mendahulukan hal-hal yang penting, dan menaruh minat/perhatian kepada kepentingan orang lain.
Keterangan:
  • Ditulis di Jakarta, 8 Agustus 2009, disarikan dan dikembangkan dari buku “Membina Pribadi Dinamis dan Kreatif, karangan Carl G Goeller dan William O. Uraneck”, penerbit Gunung Jati 1980.
  • Disajikan dan didiskusikan dalam pertemuan Pengajian Remaja Moshula SD Kompleks POMAD Kalibata, Jakarta Selatan pada tanggal 15 Agustus 2009.
sumber : http://ahmadsoen.wordpress.com/2009/09/16/membina-pribadi-menjadi-dinamis-dan-kreatif/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...