Pemakaman impian Rp 1,5 M di San Diego Hills

Written By Rison Sarundaek on Senin, 18 Juni 2012 | 00.02


Siapa yang tak kenal pemakaman elite San Diego Hills. Tempat persemayaman terakhir jasad manusia ini tidaklah murah. Harga paket kuburan di sini dibandrol mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 1,5 miliar. Wow!

Walau mahal, nyatanya orang berbondong-bondong membeli kavling makam di tempat ini. Menurut salah satu marketing pemakaman Sandiego hill, Sindra. Biaya pemesanan lahan, biaya penguburan dan biaya nisan berbeda. Harga lahan disana pun berbeda-beda, tergantung lokasi atau mention.

Untuk kuburan harga Rp 20 juta dengan luas lahan 1,6 m x 2 m tanpa pembatas, letaknya di Singaburial. Lokasi ini yang digunakan untuk pemakaman almarhum Menteri Kesehatan, Endang Sri Rahayu Sedyaningsih, Wakil Menteri ESDM Widjajono Pratowidagdo dan mantan pesebakbola nasional Ronny Patinasarae. Tetapi hanya almarhum Wamen ESDM yang membayar.

"Menkes dan Ronny free karena kita anggap berjasa bagi negara. Sementara kalau Wamen bayar karena sudah pesan sebelumnya," ujar Sindra ketika dihubungi oleh merdeka.com melalui telepon, Jakarta, Jumat (15/6).

Ada juga yang seharga Rp 90 juta hingga Rp 180 juta dan dapat dipergunakan oleh dua orang. Ciri khasnya adalah hiasan tanaman di samping kanan-kiri makam dengan pembatas tembok dibelakang makam. Pemakaman ini berada di lokasi Like Mention dan Addoration.

Sementara, harga 360 juta hingga 800 juta dengan luas lahan 3,6 m x 5,6 m untuk 2 sampai 6 orang. Di mana pembatasnya tembok, di dalamnya juga dihiasi tanaman, serta ada meja dan kursi bagi pelawat. Lokasi ini berada di Soferanty Mention.


Harga yang paling mahal adalah Rp 1,5 miliar dengan luas lahan 54 m2. Ini berlaku untuk 2-6 orang dengan lokasi di skyloun mention. Untuk yang satu ini persedian hanya disediakan 5 unit.

"Skyloun karena limited edition jadi kita sediakan 5 unit, saya cek kemarin tersisa 2 unit," jelasnya.

Harga tersebut sudah termasuk biaya perawatan, keamanan, dan tidak ada lagi biaya perpanjangan.

Tetapi itu cuma biaya lahan, belum biaya penguburan dan biaya nisan. Untuk biaya penguburan pun dipatok dari harga Rp 4,2 juta hingga Rp 120 juta. Dengan merogoh kocek Rp 4,2 juta mendapatkan fasilitas 30 kursi, bunga untuk penaburan dan MC.



Sementara untuk harga 120 juta akan mendapatkan fasilitas tenda yang dapat mempergunakan AC, dengan jumlah kursi lebih dari 30 tempat duduk.

Lantas, biaya untuk nisan bervariatif mulai Rp 3,2 juta sampai Rp 10 juta. Pembeda di sini hanya bentuk tulisan nama almarhum dan pemakaian foto, tetapi bahan dasar nisan pun sama dari garnish.

"Kalau yang 10 juta itu biasanya bentuk tulisannya ukiran, sedangkan fotonya dengan cara tembak laser," jelasnya.

Orang muslim dan non muslim dipatok tarif berbeda. Untuk orang muslim yang ingin disemayamkan disana lebih murah 30 juta dari orang non muslim (kristiani).

"Muslim dan non muslim bedanya cuma 30 juta dari harga-harga di atas," tukasnya.

Berminat?

sumber

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...