De’Ranch Wisata Alam Ala Cowboy

Written By Rison Sarundaek on Jumat, 11 Mei 2012 | 10.08

Apa yang terlihat di De’Ranch kini adalah sebuah bentuk terobosan baru untuk industri pariwisata yang sangat kreatif dimana kawasan seluas 5 Ha ini disulap menjadi sebuah tempat wisata dengan tema yang tetap tidak jauh dari kondisi awalnya, yakni mengangkat konsep wisata kuda ala Cowboy!
 Coba Hilangkan lahan parkir, loket tiket, kafe, penjual makanan/minuman, dan arena bermain di obyek wisata De’Ranch di kawasan Lembang, Bandung, maka yang tampak pasti hanyalah sebuah tempat luas dengan kuda berseliweran seperti di sebuah perternakan kuda pada umumnya. Tanpa ada nilai lebih. 
Kondisi alam di De’Ranch yang mendukung membuat obyek wisata ini mulai dilirik. Hampir setiap weekend banyak keluarga yang menyempatkan untuk berkunjung dan menjajal bagaimana menunggang kuda. De’Ranch memperlihatkan bagaimana sebuah pariwisata baru bisa diciptakan  dengan inovasi baru yang kreatif. Naik delman keliling kota bisa jadi sangat biasa, namun jika naik kuda di sebuah tempat yang masih asri sambil berkostum ala cowboy lengkap dengan topinya bisa jadi menjadi pengalaman unik untuk sebagian orang, terutama anak-anak.
Konsep yang matang  dengan eksekusi yang ciamik akhirnya membuat De’Ranch menjadi salah satu alternatif wisata baru ketika berkunjung ke Bandung.  Beberapa fasilitas pun akhirnya turut dibangun untuk mewujudkan sebuah obyek wisata yang rancak, mulai dari  tempat makan, arena bermain, hingga toko oleh-oleh. Bahkan De’Ranch juga memberikan free welcome drink untuk selembar tiket masuknya.
Sedangkan untuk wisata naik kudanya sendiri memang menjadi hal wajib yang kudu dicoba ketika berkunjung di De’Ranch. Dengan membayar tiket seharga Rp.20.000,00 sebuah kuda tunggang siap mengantarkan siapa saja untuk berkeliling kawasan De’Ranch. Namun sebelumnya harap bersabar diri untuk yang memiliki berat badan di atas 80 Kg karena maksimun berat penunggang kuda nggak boleh lebih dari 80 kilo! *telan timbangan *lirik perut buncit
Selain bisa berjalan-jalan dengan menunggang kuda di area wisata, Manajemen De’Ranch memang tampaknya sangat serius mengembangkan paket wisata kuda ala cowboy ini. Dengan beberapa paket wisata yang ditawarkan, seperti riding out (jalan-jalan berkuda berkeliling pedesaan di Lembang), pelajaran menunggang kuda, hingga kursus keterampilan kusir kereta kuda.
Melihat keriuhan tawa anak-anak di De’Ranch beberapa pekan lalu, saya bisa melihat bagaimana sebuah obyek wisata itu bisa diciptakan dengan sebuah inovasi yang kreatif melalui konsep yang memikat dan unik. Terbukti De’Ranch pun bisa berkembang dengan baik.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...