Taman Lore Rindu, Wisata Andalan Kota Palu

Written By Rison Sarundaek on Selasa, 11 Oktober 2011 | 17.42


Bagi Anda yang sedang berada di kota Palu, tak ada salahnya mengunjungi Taman Nasional Lore Ronde yang menjadi wisata andalan provinsi Sulawesi Tengah.

Taman Nasional Lore Rindu adalah salah satu objek wisata perlindungan hayati yang menjadi andalan Sulawesi Tengah tepatnya terletak di Kabupaten Donggala, sebelah barat kota Poso.

Banyak keanekaragaman flora dan fauna yang hanya bisa dijumpai di Sulawesi. Panorama alamnya menarik karena terletak di garis Wallacea yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia.

Kawasan taman merupakan rumah bagi mamalia asli terbesar di Sulawesi, misalnya anoa, babi rusa, rusa, kera hantu, kera kakaktonkea, kuskus marsupial dan binatang pemakan daging bernama Civet. Pengunjung bisa melihat lima jenis bajing dan 31 dari 38 jenis tikus yang ada.

Taman ini juga dihuni oleh 55 jenis kelelawar dan lebih dari 230 jenis burung seperti Maleo, enggang atau rangkong atau burung Allo. Tak jarang pengunjung bisa menemukan ribuan serangga cantik dengan bentuk unik.

Misalnya kupu-kupu yang memiliki warna mencolok yang berterbangan di kawasan jalan setapak atau sekitar aliran sungai.

Tak hanya sebagai objek wisata, taman ini juga menjadi tempat tinggal para penduduk asli. Pada pelaksanaan acara adat mereka menggunakan pakaian adat mereka penuh warna.

Keunikan dari taman ini adalah keberadaan benda-benda hasil buatan manusia pra-sejarah dari zaman megalit yang sudah ada di sini dari sejak ribuan tahun silam. Beberapa di antaranya terdapat di Lembah Bada, Besoa dan Napu.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...