Iklan Malaikat Jatuh Axe Dilarang di Afrika Selatan

Written By Rison Sarundaek on Sabtu, 29 Oktober 2011 | 10.08

Iklan deodoran yang memperlihatkan malaikat berjatuhan ke bumi dilarang beredar di Afrika Selatan, Jumat, 28 Oktober 2011. Tayangan malaikat jatuh karena pesona cowok yang menggunakan deodoran itu dianggap melukai perasaan umat Nasrani.



Iklan berdurasi 60 detik ini menampilkan sosok malaikat sebagai perempuan seksi berpakaian minim dengan sayap dan halo di atas kepala. Mereka berjatuhan di sebuah kota yang terlihat seperti kota di Italia.

Malaikat cantik itu berjalan dan menjadi tontonan masyarakat. Mereka seperti mengendus dan berjalan menuju pemuda yang hendak naik skuter. Para malaikat ayu itu melepas halo dan melemparkannya ke tanah. Lalu diperlihatkan adegan lain, pria di skuter itu menyemprotkan deodoran di sebuah ruangan. Di depannya ada produk deodoran merek Axe dengan tulisan: Even Angels Will Fall.

Masyarakat mengadukan iklan ini ke Otoritas Standar Periklanan Afrika Selatan (ASA). Iklan dianggap menistakan malaikat sebagai pembawa pesan Tuhan. ASA mengabulkan permohonan masyarakat dan resmi melarang iklan deodoran itu.

"Masalahnya bukan karena menggunakan simbol malaikat dalam tayangan komersial, namun iklan ini telah mengikis sifat surgawi malaikat," tulis pernyataan resmi ASA. "Malaikat digambarkan jatuh dari langit atau surga karena hal fana, tertarik pada pria muda."

Dalam Undang-Undang Penyiaran di Afrika disebutkan bahwa iklan dilarang menyinggung perasaan, melanggar susila, dan melanggar nilai-nilai masyarakat. Dalam penyataan tertulisnya, ASA menyebutkan bahwa Afrika Selatan mmiliki beragam budaya, agama, dan kepercayaan. Keragamanan itu mesti dijaga tanpa menyakiti satupun golongan.

Di Indonesia, iklan ini muncul dengan memberikan teka-teki pada pertengahan September 2011. They Finally Fall, coming soon October 2011. Sekilas banyak yang menyangka malaikat jatuh merupakan film. Ternyata tayangan ini adalah iklan. Malaikat pun akhirnya berjatuhan, karena mencium aroma AXE Excite!". Hingga saaat ini, iklan deodoran ini masih bebas melenggang di televisi di Indonesia.

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...