Pangeran Nayef di Angkat Sebagai Putra Mahkota Arab Saudi

Written By Rison Sarundaek on Sabtu, 29 Oktober 2011 | 10.02

Raja Arab Saudi Abdullah telah mengangkat Manteri Dalam Negeri Pangeran Nayef sebagai putera mahkota yang baru, kata sebuah pernyataan istana kerajaan yang dibacakan di layar televisi pemerintah pada Jumat (28/10) pagi.
"Kami memilih Yang Mulia Pangeran Nayef bin Abdulaziz sebagai putera mahkota," kata pernyataan itu, yang disiarkan kantor berita resmi SPA.

Pernyataan itu mengatakan Nayef ditunjuk setelah raja memberitahu Dewan Kesetiaan, badan keluarga yang dibentuk pada 2006 untuk melakukan proses suksesi di kerajaan Islam yang konservatif, pengekspor utama minyak dunia itu.

Itu pertama kalinya dewan tersebut diminta untuk mengkuhkan pilihan raja akan putera mahkota, tindakan yang beberapa pengamat katakan akan membantu sistem suksesi yang tidak transparan.

Putera Mahkota Sultan meninggal karena kanker usus besar di New York hampir sepekan lalu. Dia juga menjabat menteri pertahanan dan penerbangan negara itu selama hampir lima dasawarsa.

Pangeran Nayef selama ini telah membangun reputasi sebagai seorang konservatif yang memiliki hubungan dekat dengan kekuasaan keagamaan Saudi.

Bagaimanapun, beberapa pengamat dan mantan diplomat di Arab Saudi, tempat lahir Islam, mengatakan dia mungkin akan menunjukkan sisi yang berbeda dari karakternya dalam jabatan barunya.

Dalam beberapa tahun belakangan dia telah memimpin kerajaan itu dari hari ke hari ketika Raja Abdullah dan Pangeran Sultan tidak ada. Masalah punggung Raja Abdullah yang sering kambuh telah menyebabkan dia sering pergi ke luar negeri untuk perawatan medis. Sultan juga sudah lama sakit, bahkan terakhir berbulan-bulan di AS menjalani perawatan sebelum dinyatakan meninggal.

Menurut pernyataan itu, Pangeran Nayef juga ditunjuk sebagai wakil perdana menteri. Dia kini secara luas juga dianggap sebagai calon yang paling mungkin untuk mengambil-alih jabatan menteri pertahanan.

Sebagai menteri dalam negeri, Nayef memimpin operasi berhasil untuk mengakhiri gelombang serangan Al Qaeda di kerajaan itu dari 2003.

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...