Robin Lim 'Sosok Wanita AS yang Menjadi Pahlawan di Indonesia'

Written By Rison Sarundaek on Senin, 12 Desember 2011 | 22.11

Robin Lim
 Nama Robin Lim memang tidak dikenal luas di Indonesia. Tetapi perempuan Amerika Serikat (AS) ini berhasil menjadi pemenang CNN Heroes of the Year 2011. Dirinya membantu proses melahirkan dari ribuan perempuan di Indonesia. Atas jasanya ini, perempuan ini menerima penghargaan CNN Hero of the Year.

Penghargaan ini diberikan oleh jurnalis senior CNN Anderson Cooper di Los Angeles, AS, Minggu malam waktu setempat. Lewat Yayasan Bumi Sehat, Ibu Robin, seperti yang biasa dipanggil oleh warga, dirinya membantu proses persalinan di beberapa wilayah tertinggal di Bali. "Setiap bayi yang lahir ke dunia, seharusnya dilahirkan dengan penuh kasih sayang. Setiap ibu harusnya sehat dan kuat (dalam proses persalinan). Setiap kelahiran bisa berlangsung aman dan penuh kasih sayang. Tetapi tidak semuanya bisa mendapatkannya," ucap Lim seperti dikutip CNN.

Menurut Lim, situasi yang terjadi di Indonesia saat ini sangatlah buruk jika merunut pada proses persalinan. "Rata-rata tiap keluarga (di Indonesia) memiliki penghasilan USD8 atau sekira Rp72 ribu (Rp9.075 per USD), tetapi proses persalinan dapat menghabiskan biaya hingga USD70 atau sekira Rp635,2 ribu," imbuh Lim saat menerima penghargaan. Lim menyakini bahwa angkat kematian ibu dan bayi yang tinggi di Indonesia, lebih banyak disebabkan oleh kesulitan dari keluarga untuk membayar proses persalinan. Sementara menurut penelitian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), banyak perempuan di negara berkembang diketahui tidak memiliki akses luas untuk mendapatkan alat kontrasepsi ataupun perawatan persalinan.

PBB melaporkan tiga dari lima perempuan yang melahirkan di Asia Tenggara, kerap kali melahirkan anaknya tapi didampingi bantuan para ahli atau bidan. Sebagai pemenang, Lim mendapat hadiah USD250 ribu atau sekira Rp2,2 miliar. Selain Lim, ada 10 orang finalis lain yang turut masuk dalam nominasi penghargaan ini. Mereka sebagian besar adalah warga AS yang melakukan aksi bantuan kemanusiaan di dalam ataupun di luar AS.










0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...