Pengertian Blog Dofollow dan Blog Nofollow

Written By Rison Sarundaek on Sabtu, 16 Juni 2012 | 13.19


Blog tidak asing lagi bagi yang setiap harinya berselancar di dunia maya (internet), karena bisa menemukan berbagai jenis blog yang membahas tentang tutorial, bisnis online, berita, wisata, penyedia iklan dan masih banyak kategori blog yang bisa kita temukan dengan admin yang berbeda pula, mulai dari anak SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Karyawan Swasta, PNS, Guru, maupun masyarakat umum telah mengetahui dan memiliki blog.

Ada yang menjadikan blog sebagai media untuk menyalurkan hobi, ada yang ingin sharing dan ada juga yang menjadikan blog sebagai tempat untuk menghasilkan uang sesuai dengan adminnya untuk apa blog itu di ciptakan.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh pemilik blog (admin), mulai dari mempercantik tampilan blog, membuat content yang menarik, mempercepat loading blog, blogwalking, submit article, pasang iklan, berkomentar di blog dofollow dan sebagainya. Tentu saja hal tersebut dilakukan agar blog mempunyai traffic dan SERP (Search Engine Result Page) yang bagus sehingga menjadikan blog tersebut populer.


Selama ngeblog, tentu kita sering mendengar perkataan "Blog Dofollow" dan "Blog Nofollow" ada yang tau dan ada juga yang tidak tau pengertian tersebut. Bagi yang belum tau, Langsung Saja saya akan menjelaskan pengertian Blog Dofollow dan Blog Nofollow tersebut. Berikut sedikit penjelasan tentang dofollow dan nofollow :
  • Dofollow artinya link yang dimasukkan pada saat memberikan komentar pada postingan sebuah blog akan ditelusuri lebih lanjut oleh search engine (mesin pencari), dalam artian mendapatkan backlink dari blog yang di komentari tersebut.
  • Nofollow adalah kebalikan dari dofollow, link yang dimasukkan pada saat memberikan komentar pada postingan sebuah blog tidak akan ditelusuri lebih lanjut oleh search engine (mesin pencari), dalam artian kita tidak mendapatkan backlink dari blog yang dikomentari tersebut. Sementara kita tahu backlink merupakan salah satu unsur penting dalam meningkatkan page rank (PR)
Berdasarkan pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa blog dofollow adalah blog yang memberikan backlink kepada link yang dimasukkan pada saat komentar, sedangkan blog nofollow adalah pada saat memasukkan link pada komentar, blog tersebut tidak memberikan backlink sehingga mempersulit kita untuk meningkatkan page rank (PR) karena backlink melatarbelakangi Page Rank (PR) sebuah blog. Jadi, untuk meningkatkan page rank (PR) blog perbanyaklah berkomentar pada blog dofollow dengan catatan jangan memberikan komentar sampah, berilah komentar yang sesuai dengan judul postingan tersebut.
Keuntungan Menggunakan Blog Dofollow :
  • Blog kita akan dicari oleh blogger pencari blog dofolow, sehingga meningkatkan traffic blog. 
  • Postingan kita akan mendapatkan banyak komentar
  • Dengan komentar yang banyak, kita akan kelihatan eksis 
  • Merasa puas karena postingan kita diperhatikan.

Kekurangan Menggunakan BLog Dofollow :
  • Bisa membuat page rank (PR) turun 
  • Bisa memunculkan comment spam

Sedangkan Kelebihan Menggunakan Blog Nofollow :
  • Meningkatkan page rank (PR) blog 
  • Semakin tinggi page rank (PR) semakin baik posisi blog di Search Engine
  • Bisa mendapatkan traffic yang banyak dari Search Engine 
  • Untuk bermain SEO blog nofollow sangat diperlukan

Kekurangan Menggunakan Blog Nofollow :
  • Pengunjung jarang meninggalkan comment, karena mereka hanya mencari informasi saja 
  • Jumlah comentator menjadi sedikit.
Nah, sekarang sudah jelas pengertian dari blog dofollow dan blog nofollow serta mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan blog dofollow maupuan blog nofollow yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekarang tentukanlah tujuan anda apakah ingin membuat blog dofollow ataupun tetap menjadi blog nofollow.

sumber

2 Komentar:

Ady Dykrullah mengatakan...

terima kasih sob untuk infonya...salam kenal gan..

rachmad tatawarna mengatakan...

makasih infonya gan

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...