Lionel Messi & Sepuluh Olahragawan Legendaris Lainnya

Written By Rison Sarundaek on Jumat, 23 Maret 2012 | 19.53


Bintang Barcelona Lionel Messi tak sepi dari pujian. Pemain asal Argentina itu mencetak hat-trick saat Azulgrana menang 5-3 atas Granada dalam lanjutan Primera Liga Spanyol, Rabu (21/3) dinihari WIB.

Berkat tambahan gol-gol itu, Messi menjadi pemain Barcelona paling subur sepanjang sejarah klub. Pemain berusia 24 tahun itu sudah mencetak 234 gol, melewati torhan 232 gol Cesar Rodriguez.

Usai pertandingan itu, pelatih Pep Guardiola sempat mendapatkan sebuah pertanyaan, apakah Messi sudah menjadi olahragawan yang setara dengan pebasket legendaris Michael Jordan?

"Mungkin, ya," ujarnya memulai pembicaraan.

"Sebelumnya sedikit sekali dalam sejarah ada pemain-pemain yang tampil begitu dominan di olahraga mereka masing-masing," lanjut sang pelatih.

Apa yang Messi lakukan saat ini sungguh menakjubkan. Ia menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan di Liga Champions, yakni saat lawan Bayer Leverkusen, dua pekan lalu. 234 golnya juga membuktikan kualitas seorang "Messiah".

Mark Doyle dari GOAL.com memaparkan siapa saja olahragawan-olahragawan lainnya yang sangat dominan dan dihormati di olahraga yang mereka geluti. Berikut ini adalah sepuluh olahragawan legendaris yang memiliki sejarah dalam olahraga.


MUHAMMAD ALI - TINJU


Terdapat sebuah perbedaan antara "membicarakan pembicaraan" dan "menjalankan perjalanan." Muhammad Ali bisa melakukan itu, padahal tidak ada olahragawan superstar yang mampu melakukan sebelumnya. Ia adalah orang pertama yang menjadi juara dunia kelas berat sebanyak tiga kali. Petinju yang berjuluk "Louisville Lip" itu tampil di pertandingan-pertandingan tinju bersejarah. Tidak seperti olahragawan lainnya, ia berperan penting dalam gerakan hak asasi sipil di Amerika Serikat pada tahun 1960-an.


USAIN BOLT - ATLETIK


Inilah orang tercepat dalam sejarah. Bolt masih memegang rekor dunia di lari 100 dan 200 meter. Juara bertahan Dunia dan Olimpiade itu telah mencetak beberapa kali rekor yang tak dibayangkan banyak orang sebelumnya. Bahkan, atlit berusia 25 tahun itu masih bisa memecahkan rekor lagi. Mirip sekali dengan Messi!


ROGER FEDERER - TENIS


Disebut-sebut sebagai petenis terbaik sepanjang sejarah. Petenis asal Swiss itu telah mencetak rekor 16 kali Grand Slam dalam karir luar biasanya. Bahkan, level terbaiknya itu hanya diraih dalam waktu singkat. 18 dari 19 final Grand Slam terjadi antara Wimbledon 2005 dan Australia Terbuka 2010. Segala sesuatunya tampak mudah buat dia.



WAYNE GRETZKY - HOKI ES


Pria asal Kanada yang dijuluki "The Great One" itu secara universal disebut sebagai pemain hoki es paling berbakat yang pernah ada. Karirnya membentang selama dua dekade, dan selama itu ia mampu memecahkan rekor. Ia telah mengumpulkan 61 prestasi hingga akhirnya pensiun pada 1999. Ia masih menjadi yang terbaik sepanjang sejarah NFL.



MICHAEL JORDAN - BASKET


Pebasekat terbesar selama ini dan merupakan olahrawagan dengan magnet pasar terbaik sepanjang sejarah. Ia disebut-disebut sebagai atlet paling terkenal karena penampilan fenomenalnya bersama Chicago Bulls pada tahun 1960-an. Jordan memenangi enam kejuaraan NBA dan mendapatkan NBA MVP dalam lima kali kesempatan yang berbeda.



JONAH LOMU - RUGBY


Inilah superstar dunia di bidang olahraga rugby. Lomu menyita perhatian dunia berkat penampilan gemilangnya untuk Selandia Baru di Piala Dunia 1995. Pria dengan tinggi 1,96 meter dan berat 125 kilogram itu memiliki kecepatan dan kekuatan dalam bermain.



MICHAEL PHELPS - RENANG


Layak disebut sebagai pemain Olimpiade terbaik sepanjang sejarah. Perenang asal Amerika itu meraih medali emas terbanyak dibandingkan siapa pun, yakni 14 gelar. Phelps memenangi enam dari semua itu di Athens, Yunani, pada 2004. Empat tahun kemudian, ia meraih delapan medali emas di Beijing, Cina. Ia pun diakui dunia karena telah memecahkan rekor tujuh medali emas Mark Spitz di Games, Munich, pada 1972. Di Olimpiade 2012, atlit kelahiran Baltimore berusia 26 tahun itu siap memecahkan rekor lagi. Ia kini menduduki peringkat kedua dalam perolehan medali emas terbanyak dari berbagai olahraga. Urutan pertama masih ditempati pesenam asal Uni Soviet Larisa Latynina, dengan 18 medali emas.



MICHAEL SCHUMACHER - FORMULA ONE


Memang masih diperdebatkan apakah Schumacher disebut sebagai pembalap Formula One terbaik sepanjang sejarah. Namun, pembalap asal Jerman itu tampil dominan yang tidak ditandingi pembalap-pembalap lainnya selama ia berkarir untuk Ferrari di era Millenium ini. Ia memenangi lima kali Kejuaraan Balapan Dunia secara berturut-turut.



SACHIN TENDULKAR - CRICKET


Pencetak-lari terbanyak di Tes dan cricket satu hari internasional itu layak disebut sebagai bastman terbaik sepanjang sejarah. Pemain berjuluk "The Little Master" itu melakukan debutnya saat lawan Pakistan, meski umurnya baru 16 tahun. Pemain asal India yang akan merayakan ulang tahun ke-39 itu menjadi pemain cricket pertama yang masuk daftar 100 olahragawan terbaik dalam satu abad ini.



TIGER WOODS - GOLF


Apakah Tiger Woods masih menjadi pegolf terbaik sepanjang sejarah? Memang masih bisa diperdebatkan. Namun, Woods melakukan permainan golf dalam satu dekade ini dengan gaya penuh inspirasi. Kini, ia masih memiliki peluang besar untuk menjadi "Tiger Woods yang baru."




0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...