Masak Ikan Tanpa Amis, Cuci dengan Sabun

Written By Rison Sarundaek on Sabtu, 18 Februari 2012 | 19.40


IKAN memiliki bau amis yang khas. Prinsipnya, semakin cepat ikan dimasak atau dibekukan setelah Anda beli, maka ikan akan semakin sedikit mengeluarkan bau.

Penjual ikan kerap memakai garam dan es untuk mencegah ikan mudah busuk akibat terlalu lama terpapar udara. Untuk Anda, ada beberapa cara supaya ikan tidak mudah bau sampai Anda siap mengolahnya, seperti dilansir Ehow.

Cuci ikan dengan sabun dan air

Menggunakan sabun antibakteri adalah cara terbaik untuk melindungi ikan dari bakteri yang menjadikannya mudah membusuk. Jika Anda tidak memiliki jenis sabun ini, Anda bisa menambahkannya dengan sedikit alkohol atau hydrogen peroxide pada sabun biasa untuk meningkatkan kualitas dan manfaat antibakteri.

Rendam dengan cuka

Selain menggunakan sabun, Anda bisa merendam ikan ke dalam cuka putih selama 30 menit. Cara ini tidak hanya mengurangi bau. Sebab, cuka juga berfungsi menjaga ikan dari bau amis yang  menyengat saat proses persiapan. Selain itu, membantu menghilangkan bau amis dari tangan dan alat makan.

Gunakan jeruk lemon

Anda juga bisa menggunakan jeruk lemon untuk menggantikan cuka. Caranya cukup mudah, rendam ikan dengan air perasan jeruk lemon. Cara ini juga menurunkan kadar asin ikan, lalu masak. Untuk memberikan rasa lebih segar pada olahan ikan, berikan pula air perasan jeruk lemon saat ikan dimasak.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...