Mie Goreng Nyonya

Written By Rison Sarundaek on Selasa, 14 Februari 2012 | 07.34

RASANYA ada yang kurang bila di Hari Raya Imlek, tidak tersaji mi. Sebab mi merupakan salah satu makanan yang wajib disajikan di kala imlek tiba.



Bahan:

100 ml minyak goreng
3 btr bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdm tauco
150 gr udang kecil
100 gr sawi hijau
100 gr tauge
450 gr mi basah
200 ml kaldu sapi
1 sdt garam
Bawang Goreng untuk taburan
Sambal terasi untuk pelengkap

Cara membuat:
1. Sawi dipetiki daunnya, lalu dicuci bersih kemudian dipotong 1 cm, lalu buang batangnya, sisihkan. Tauge dibuang akarnya lalu dicuci, sisihkan. Mi dibilas air dingin dan tiriskan, sisihkan. Udang dikupas lalu dicuci bersih, sisihkan. Tauco dihaluskan dengan sendok, sisihkan.

2. Bawang merah dikupas lalu diiris tipis, kemduain panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng bawang merah hingga renyah bewarna keemasan, angkat dan tiriskan, sisihkan lalu kupas bawang putih kemudian dicincang secara halus. Panas kan 2 sdm minyak bekas bawang lalu tumis kembali bawang putih dengan tauco dengan api sedang hingga harum berwarna kecokelatan.

3. Masukkan udang, aduk-aduk hingga berubah warnanya. Tambahkan irisan daun sawi dan tauge, besarkan apinya hingga sayuran setengah matang, kecilkan lagi apinya lalu masukkan mi, kaldu sapi dan garam.

4. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk agar bumbu dan bahan tercampur rata, angkat dan tuang ke dalam mangkuk saji, taburi bawang goreng lalu sajikan selagi panas dengan sambal terasi

Resep disarikan dari buku "Timur&Barat" karya Menu Terkenal Resep Pilihan Keluarga edisi 72.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...