Wouuw...Ada Semangka Segi Empat dari Jepang!

Written By Rison Sarundaek on Selasa, 31 Januari 2012 | 09.56


Daging buah semangka yang berwarna kuning, mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana jika semangka yang biasanya bulat kini hadir dalam bentuk segi empat? Di Jepang, semangka segi empat ini telah banyak dijual.

Semangka tampilan alaminya selalu bulat seperti bola. Tetapi semangka yang ditanam di kota Zentsuji, di pulau Shikoku, Jepang ini berbentuk sangat unik, berbentuk segi empat atau kotak. Semangka ini merupakan hasil buatan petani berusia 84 tahun. Ia berhasil menciptakan semangka segi empat atau square watermelon ini lebih dari 30 tahun silam.

Menurut pengakuannya semangka kotak ini dibudidayakan tak ubahnya seperti semangka umumnya. Bedanya saat penanaman, semangka tersebut ditaruh dalam sebuah wadah berbentuk segi empat. Bagian tengahnya tinggal dilubangi sedikit agar batang semangka dapat tumbuh. Alhasil, saat besar maka buah semangka akan membentuk segi empat secara alami.

Sebenarnya semangka kotak diciptakan bukan tanpa maksud. Awalnya square watermelon tersebut dibuat agar dapat menciptakan ruang penyimpanan yang menghemat tempat. Baik di pertanian maupun di rak-rak supermarket. Namun di Osaka dan Tokyo, semangka kotak ini dijual dengan harga yang sangat tinggi, karena lebih dikenal sebagai trend di dunia makanan.

Tidak hanya mencuri perhatian masyarakat lokal, beberapa negara lain seperti Inggris sangat tertarik untuk menjual semangka kotak di negara mereka. Bahkan Tesco sudah membudidayakan square watermelon di Brazil di tahun 2006 silam agar dapat menjual semangka kotak dengan harga yang lebih murah dari negara asalnya Jepang. Semangka kotak juga beredar di sejumlah negara lainnya seperti Cina dan Hong Kong meski harganya cukup mahal.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...