Drama Romeo Juliet ala Cina di Trans Studio Makassar

Written By Rison Sarundaek on Selasa, 31 Januari 2012 | 09.26


Panitia Semarak Imlek Makassar akan menggelar Malam Apresiasi Seni Budaya Tionghoa Indonesia di Mal Trans Studio, Makassar, Kamis 2 Februari mendatang.

Pada malam apresiasi ini, akan ada pagelaran Wayang Potehi dan drama Sampek Engtay. Kegiatan ini digelar Komunitas Pemerhati Budaya Tionghoa Indonesia (KPBTI), Tribun Timur dan Klenteng Xian Ma.

Wayang Potehi merupakan jenis wayang khas Tionghoa yang berasal dari Cina bagian selatan. Kesenian ini dibawa oleh perantau etnis Tionghoa ke berbagai wilayah Nusantara pada masa lampau dan telah menjadi salah satu jenis kesenian tradisional Indonesia.

Drama Sampek Engtay, drama mengisahkan legenda dari Cina mengenai tragedi romantika antara dua kekasih, Sampek dan Engtay, dalam bahasa mandarin: Liang Shanbo dan Zhu Yingtai.

Legenda ini sering dianggap sebagai Romeo dan Juliet versi Cina. Kegiatan yang akan dihadiri sekitar ribuan tamu undangan ini merupakan rangkaian Semarak Imlek Makassar 2536/2012.

Panitia juga akan menggelar Malam Satu Hati di Balai Prajurit Jenderal M Jusuf, Makassar, Jumat (3/2/2012). Artis Tina Toon akan hadir menghibur tamu pada Malam Satu Hati. Bintang iklan ini akan hadir bersama artis Chintya dan D'Girls.

Tiga hari kemudian, akan digelar Pesta Rakyat Malam Jappa Jokka Cap Go Meh di Jll Sulawesi, Makassar, Senin (6/2/2012).

Arak-arakan Prosesi Ritual Cap Go Meh juga akan digelar, Minggu (5/2/2012). Arak-arakan ini mulai di Jl Sulawesi melalui rute Jl Sangir, Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, dan Jl Ahmad Yani.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...