9 Tips Agar Anak Anda Tetap Bugar

Written By Rison Sarundaek on Selasa, 10 Januari 2012 | 09.26

Tahun-tahun sekolah yang sibuk membawa kebiasaan yang mendorong anak-anak menjadi kelebihan berat badan atau obesitas. Berikut bagaimana membantu anak-anak anda menurunkan berat badan atau tetap bugar sepanjang tahun.

Tips gizi untuk memerangi obesitas :

1. Makan bersama.


Makan bersama-sama dengan keluarga membantu para remaja makan lebih banyak buah, sayuran dan serat dan lebih sedikit makanan-makanan yang menggemukan dan minuman ringan.

Meskipun anda tidak punya waktu untuk makan bersama keluarga setiap malam, pastikan anda memiliki pilihan-pilihan yang sehat di dapur untuk menghindari makan malam menit-menit terakhir yang terdiri dari makanan cepat saji atau yang dibungkus pulang, yang cenderung lebih tinggi dalam lemak dan kalori daripada makanan yang dimasak di rumah.

Beberapa pilihan baik untuk dimiliki adalah selada yang belum dicuci, wortel kecil, wortel bayi, daging bebas nitrat, hummus, roti gantum utuh dan mentega almond.

2. Buatlah makanan kesukaan yang lebih sehat.


Anda tidak harus hanya menghidangkan anak-anak anda salad dan daging panggang. Tetapi buatlah makanan kesukaan mereka, seperti taco, pasta dan pizza dalam cara yang lebih sehat.

Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun daripada mentega, dan kurangi keju, krim, dan produk-produk susu yang tinggi lemak yang digunakan dalam resep.

Selipkan ekstra sayuran kedalam saus tomat, atau gunakan cabe hijau dan brokoli sebagai topping pizza. Untuk roti lapis, gunakan roti gandum utuh daripada roti putih dan bumbu rendah lemak seperti mayonaise.

3. Batasi minuman soda dan jus.

Keduanya mengandung banyak gula dan kalori. Jika anda ingin menghidangkan jus, encerkan dengan seltzer untuk menurunkan kalorinya. Simpan didalam lemari pendingin sehingga siap dan dingin saat anak-anak ingin meminumnya. (red: lebih baik sediakan buah poong dibandingkan jus)

4. Tawarkan traktiran yang secukupnya.


Es krim, kue, permen dan kue kering sebaiknya dibatasi pada acara-acara khusus seperti pesta ulang tahun, liburan, perjalanan ke taman hiburan, dan peristiwa atau perayaan jarang lainnya. Sebagai alternatif, simpanlah banyak buah-buahan seperti apel, pisang, anggur, buah-buah bery yang sudah dicuci dan mudah didapat.

5. Bekal makan siang.


Biarkan anak-anak anda membantu dalam merencanakan makan siang di sekolah mingguannya. Tidak hanya akan menghemat uang, tetapi makanannya juga lebih sehat. Beberapa pilihan yang baik seperti hummus dalam roti pita gandum dengan ketimun, yogurt, sup buatan rumah dalam termos, telur rebus matang, apel, kacang, dan roti lapis tuna tanpa mayonaise.
Tips berolahraga untuk menghilangkan berat badan (atau tetap bugar)

6. Diam-diam berolahraga.


"Jika anda berolahraga dalam bentuk sebuah permainan atau di waktu bermain, anak-anak akan lebih tertarik." kata Fransesca Meccariello, sukarelawan untuk Concrete Safari, sebuah program olahraga sepulang sekolah yang non-laba di New York City. Meccariello menyarankan melompati, merayap, permainan petak lari, dan melompat untuk anak-anak berusia 5-8 tahun. Anak-anak yang lebih besar dapat bermain lompat tali, balap lari, atau lomba lari rintangan. Kuncinya adalah membuat olahraga menjadi menyenangkan.

7. Matikan televisi.


Penelitian-penelitian telah menemukan hubungan langsung antara jumlah jam anak-anak menonton televisi dengan resiko mereka terkena obesitas. Video games dan penggunaan komputer memberikan kontribusi terhadap masalah ini juga. Batasi waktu yang anak-anak anda habiskan untuk kegiatan yang tidak bergerak ini tidak lebih dari satu jam perhari.

8. Pekerjaan rumah tangga dianggap sebagai olahraga juga.


Membereskan tempat tidur, memotong rumput di pekarangan, dan menyapu daun-daun kering, semuanya juga dihitung sebagai olahraga. Tugaskan anak-anak yang lebih besar lebih banyak pekerjaan rumah tangga dan mereka akan berolahraga tanpa mereka sadari.

9. Dapatkan bantuan tambahan.

Jika sekolah anak anda tidak menawarkan ekstrakurikuler atau program olahraga yang terorganisir, carilah program-program olahraga untuk anak-anak yang ada di tempat anda.


Beri contoh yang baik. Anak-anak anda memperhatikan apa yang anda lakukan, jadi berikan satu contoh baik dengan memperbaiki nutrisi anda dan kebiasaan berolahraga juga.

asal bukan begini

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...