Apa Beda Coca-Cola Zero dan Diet Coke?

Written By Rison Sarundaek on Rabu, 18 Januari 2012 | 09.50


Minuman bersoda yang diketahui mengandung gula yang tinggi pun tidak masalah lagi. Karena masih ada alternatifnya. Produk Coca-Cola Diet ataupun Diet Coke pun dianggap jadi solusi. Lalu, apa bedanya antara Coca-Cola Diet dan Diet Coke?

Diet Coke yang bermotto “Always Great Taste” ini dikemas dalam botol kaleng berwarna abu-abu. Banyak yang berpendapat jika diet soda hanya mengandung 1-4 kalori saja, namun sebenarnya jika memang benar-benar rendah kadar kalorinya, produsen tidak diwajibkan untuk menuliskannya di informasi nutrisi yang tertera pada kemasan.

Pada bagian informasi nutrisi, tertulis jika Diet Coke mengandung 0 kalori, 0 gram fat, 70mg sodium, 0 gram total carbs, dan 0 gram protein. Komposisinya adalah air berkarbonasi, caramel color, aspartame, phosphoric acid, potassium benzoate, perasa alami, citric acid, dan kafein. Pemanis buatan yang digunakan adalah aspartame.

Sedangkan Coca-Cola Zero mengandung pemanis buatan aspartame dan acesulfame potassium. Dengan motto “Real Coca-Cola Taste AND Zero Calories”, Coca-Cola Zero menuliskan informasi nutrisinya dengan 0 kalori, 0g fat, 70mg sodium, 0g protein, dan 0g total carbs. Terbuat dari air berkarbonasi, caramel color, phosphoric acid, aspartame, potassium benzoate, perasa alami, potassium citrate, acesulfame potassium, dan kafein.

Pottasium benzoate memberikan efek buruk bagi tubuh. Menurut American Cancer Society, zat ini bersifat karsinogen yang dapat mengakibatkan kanker. Sedangkan phosphoric acid yang terkandung dalam soda sangat berbahaya bagi kesehatan gigi. Penggunaan pemanis buatan aspartame juga berbahaya karena bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti asma, Hypoglycemia, dan vertigo.

24 orang editor huffingtonpost.com mencoba dua jenis soda ini secara acak. Dengan komposisi yang hampir sama, mereka ingin mencari perbedaannya dan mana yang rasanya lebih enak. Hasilnya, 54 persen mampu membedakan mana yang Diet Coke, dan mana Coca-Cola Zero. Sedangkan 50 persen taster lebih memilih Diet Coke, dan 50 persen lainnya menyukai rasa Coca-Cola Zero.

Beberapa orang berpendapat jika Diet Coke terasa “palsu”, bukan rasa cola pada umumnya. Ada juga yang berpendapat jika rasanya sangat enak. Sedangkan Coca-Cola Zero terasa sangat manis untuk ukuran minuman yang tanpa gula, dan sangat mirip dengan minuman soda pada umumnya. Secara umum, menurut mereka, kedua minuman soda ini sama enaknya.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...