Yuk, Liburan ke Pulau Tidung

Written By Rison Sarundaek on Senin, 16 Januari 2012 | 09.57

Dengan Rp 260.000, paket perjalanan dua hari satu malam rasanya cukup murah sekali. Pulau Tidung memang bukan pulau wisata seperti Pulau Bidadari atau Pulau Pramuka yang sudah cukup lama dikenal sebagai pulau wisata di kawasan Kepulauan Seribu. Namun, Pulau Tidung menawarkan eksotisme keindahan laut yang lebih indah dibandingkan dengan Bali dan Lombok. Indah nian berwisata ke sana. Namun, jangan bandingkan pulau ini dengan Pulau Bidadari dan Pulau Pramuka karena fasilitas di sana memang sudah memadai untuk berwisata. Namun, jika ditilik lebih jauh lagi, maka Pulau Tidung memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya untuk sementara ini.



Bayangkan saja, dengan harga yang sama, Anda hanya bisa mendapatkan minuman segar selamat datang jika datang ke pulau lain. Bukan berarti pulau lain juga tidak menarik, walaupun aliran listrik di pulau lain bahkan belum memadai. Di Pulau Tidung, listrik sudah menyala 24 jam.

Berkeliling pulau dengan sepeda yang bisa disewa antara Rp 15.000 dan Rp 20.000 adalah sebuah olahraga ringan di sana. Memancing dapat pula dilakukan dengan menyewa sebuah perahu nelayan dengan tarif sekitar Rp 400.000 sehari para nelayan tentunya akan merasa puas dengan pengalaman memancing yang tiada duanya. Memancing di surga itulah rasanya ketika kita dapat mengelilingi pulau sambil memancing dan ber-snorkeling ria. Biayanya? tidak terlalu mahal. Cukup Rp 35.000, kita sudah dapat menyewa alat-alat snorkeling.

Perekonomian Pulau Tidung semakin menggelora sejak meningkatnya wisatawan, utamanya backpackers, yang menikmati eksotisme pulau tersebut. Dia melibatkan semua pihak mulai dari aparat desa, karang taruna, hingga masyarakat untuk membangun sebuah wisata rakyat yang menguntungkan bagi semua pihak.

Namun, perlu diingat, orang Jakarta (semua wisatawan) harus bawa sampahnya pulang ke Jakarta kembali! Hal ini dilakukan untuk menjaga Pulau Tidung juga karena di sana tidak ada TPA atau tempat pembuangan (sampah) akhir. Dan jangan pula mencoba berbuat yang tidak senonoh, apalagi sampai dipublikasikan, karena di Pulau Tidung masyarakatnya tidak akan segan-segan menegur.

Jika Anda ke sana, jangan lupa untuk loncat dari ketinggian dermaga. Ini untuk mencoba melawan adrenalin Anda di tengah ketinggian nan menantang. Rasakan dan buktikan saja perjalanan menarik tersebut di sela-sela waktu senggang Anda.

Selayang Pandang Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu. Pulau ini terbagi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Penggunaan wilayah di pulau ini berkembang ke arah wisata bahari seperti menyelam serta penelitian terhadap terumbu karang.

Pulau Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan panjang ini terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Muara Angke dengan kapal penumpang.

Di pulau ini dapat ditemui perkampungan penduduk dan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan, selanjutnya jalan setapak yang panjang ini ini akan melewati fasilitas umum, seperti kantor polisi, sekolah setingkat SMU untuk para pelajar dari pulau sekeliling, kumpulan warung dan menuju ke jembatan panjang yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil tanpa penduduk.

Di awal jembatan penghubung ini, akan ditemui jembatan yang cukup tinggi untuk melalui suatu cekungan laut yang agak dalam, dimana banyak anak kecil penduduk setempat memperagakan loncat indah dari jembatan sebagai sarana bermain mereka, cukup menghibur para wisatawan dan amat mengundang keinginan untuk bisa bergabung dengan mereka melakukan loncat indah di pantai biru tanpa ombak.

Di penghujung jembatan penghubung, menapaki pantai Pulau Tidung Kecil yang merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove, masih tampil indah ditelusuri dengan bersepeda, melalui jalan setapak yang dipenuhi dengan ilalang dan pantai sepi yang pasirnya putih lembut, sangat indah pemandangannya.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...