Asal - Usul Manusia

Written By Unknown on Rabu, 07 Maret 2012 | 00.24


Secara umum, ada berbagai perdebatan tentang apakah manusia modern sekarang ini berkembang di Afrika, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia atau berkembang dari manusia Neanderthal di Eropa. Dalam hal ini, kita berhadapan dengan suatu periode waktu yang sangat panjang dan tidak bisa begitu saja dipastikan. Para peneliti juga pernah menemukan lukisan gua di Perancis Selatan yang diperkirakan sudah ada sejak 30.000 tahun sebelum Masehi. Paparan tersebut menyatakan bahwa terdapat problem fundamental di dalam penelitian ilmiah tentang asal usul manusia, yakni bahwa suatu bukti fisik yang kecil seringkali dijadikan suatu fondasi bagi teori besar tentang perkembangan dan proses migrasi manusia purba. Dengan kata lain, satu batu kecil bisa jadi titik awal bagi suatu teori masif tentang asal usul manusia.

Pemahaman umum tentang evolusi menempatkan manusia dalam perspektif yang lebih global, yakni membuka fakta bahwa manusia terdiri dari kode-kode genetis yang ternyata juga dimiliki oleh semua bentuk kehidupan lainnya. Pada abad ke -19 sampai sekarang, teori evolusi telah banyak mengalami perkembangan. Beragam penemuan telah dilakukan. Beragam analisis baru juga telah diajukan, terutama tentang proses evolusi manusia yang terjadi selama berjuta - juta tahun.

Bumi terbentuk kira-kira 5 Milyar tahun yang lalu. Tumbuh-tumbuhan primitif dan daratan kering mulai terbentuk kira-kira 410 juta tahun yang lalu. Jadi, pada awal bumu ini terbentuk di dalamnya hanya ada air dan belum ada kehidupan. SEkitar 4 juta tahun yang lalu muncul suatu species di Afrika yang merupakan percabangan dari kera. Species itulah yang nantinya berkembang menjadi homo sapiens, atau manusia sekarang ini. Australopithecus yang ditemukan pertama kali di Ethiopia hidup sekitar 4 juta tahun yang lalu. Sekitar 1 juta tahun yang lalu, homo erectus hidup di Afrika, Asia, dan Eropa.

Pada tahun 1871 Darwin akhirnya merasa sudah waktunya untuk mengemukakan kepada publik topik tentang asal usul manusia. ia menguraikan alasan untuk mempercayai bahwasana manusia dan kera memiliki leluhur jauh yang sama dan bahwasana semua ciri manusia, tidak peduli sebagaimanapun anehnya, telah berevolusi melalui serangkaian langkah yang bertahap. Walaupun teori darwin ini menuai banyak protes dari kebanyakan ilmuan yang beranggapan bahwa manusia sebagai mahluk yang terpisah dari dunia hewan. Sebagian dari para ilmuan tersebut teguh dengan keyakinannya bahwa asal usul manusia terjadi secara bertahap dan melalui tahap seleksi alamiah sendiri.

Video asal usul manusia menurut teori Darwin
Video ini memperlihatkan bagaimana teori Darwin menjelaskan tentang asal-usul manusia


Pencarian Terbaru

Asal usul manusia. Asal usul manusia purba. Asal usul manusia menurut para ahli. Asal usul manusia menurut sains. Gambar manusia purba. Asal usul kehidupan manusia. Proses migrasi manusia purba.

Keterangan manusia purba. Asal usul manusia menurut teori darwin. Kehidupan pada zaman praaksara. Teori asal usul manusia. Asal usul manusia purba di indonesia. Asal mula manusia. Pengertian asal usul kehidupan.

Asal usul manusia menurut ilmu pengetahuan. Proses terjadinya manusia menurut ilmu pengetahuan. Asal mula manusia purba. Gambar manusia purba di indonesia. Asal usul ilmu. Asal usul. Gambar manusia praaksara.

Asal usul kejadian manusia menurut ilmuwan. Asal manusia purba. Asal usul kejadian manusia menurut para ahli. Gambar pra aksara. Foto manusia purba. Asal usul manusia menurut darwin. Gambar manusia pra aksara.

Gambar dan penjelasan manusia purba. Manusia menurut ilmu pengetahuan. Asal mula ilmu pengetahuan. Penjelasan manusia purba. Makalah asal usul manusia. Pengertian manusia purba menurut para ahli. Berapa banyak asal mula kehidupan.

Jenis jenis manusia purba dan penjelasannya. Pengertian asal usul manusia. Asal usul terjadinya manusia. Teori darwin tentang manusia purba. Asal usul manusia menurut ilmuwan. Asal usul kejadian manusia menurut sains. Teori asal usul manusia menurut para ahli.

Perkembangan manusia purba di indonesia. Manusia pra aksara di afrika. Jenis manusia purba dan penjelasannya. Pengertian manusia purba di indonesia. Manusia dan ilmu pengetahuan. Awal terjadinya manusia. Proses manusia purba.

Zaman praaksara. Asal usul kejadian manusia. Teori manusia purba. Macam kehidupan manusia. Konsep asal usul manusia. Jenis jenis manusia purba dan keterangannya. Asal usul manusia menurut ahli.

Pengertian asal mula kehidupan. Asal usul terbentuknya manusia. Manusia pra aksara. Asal usul manusia purba indonesia. Makalah asal usul kehidupan manusia. Asal mula kehidupan manusia. Asal usul manusia indonesia.

Gambar manusia purba dan penjelasanya. Manusia purba pra aksara. Asal usul manusia modern. Terjadinya manusia menurut ilmu pengetahuan. Gambar manusia pada zaman pra aksara. Gambar manusia purba dengan penjelasannya. Jenis manusia praaksara.

Video pra aksara. Asal mula manusia menurut ilmu pengetahuan. Gambar dan keterangan manusia purba. Kliping manusia purba. Asal mula kehidupan manusia di bumi. Teori manusia menurut para ahli. Teori teori tentang kejadian manusia.

Teori manusia menurut ilmu pengetahuan. Teori evolusi manusia menurut darwin. Perkembangan manusia purba. Asal usul kehidupan menurut para ulama. Asal mula kehidupan menurut sains. Asal usul kehidupan manusia purba. Asal usul tentang manusia.

Pengetahuan manusia secara umum. Asal usul kejadian manusia menurut ahli. Video zaman praaksara. Gambar manusia purba dan keterangannya. Vidio manusia praaksara. Manusia purba beserta keterangannya. Teori terjadinya manusia.

Video praaksara. Asal usul kehidupan menurut darwin. Kejadian manusia menurut sains. Teori darwin tentang asal usul manusia. Jenis jenis pengetahuan pada manusia. Teori asal mula kehidupan menurut lmu pengetahuan. Teori migrasi manusia di indonesia.

Teori migrasi asal usul manusia indonesia. Video asal usul manusia.

5 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...