Pusat Barang Bekas di Makassar

Written By Rison Sarundaek on Senin, 05 Maret 2012 | 10.24

Era informasi dan teknologi boleh canggih tapi bagi pemburu barang-barang kuno, Jl Chairil Anwar bisa jadi alternatif. Di tempat ini, Anda bebas memilih dan menawar.


Menyusuri kota Makassar, Anda tak sulit menemukan Jl Chairil Anwar. Jalan itu sangat pendek. Hanya sekira 100 meter. Salah satu khasnya adalah pedagang barang-barang kuno yang kini mulai jarang kita dapati di rumah.

Saat ini Anda pasti telah menggunakan setrika listrik. Tapi apakah Anda masih ingat kapan terakhir melihat nenek menggunakan setrika arang saat kita masih kanak-kanak. Yap, barang seperti itu kini terasa langka.


KHUSUS YANG ANTIK. Salah satu kios di Jl Chairil Anwar yang khusus menjual barangbarang kuno dan antik.
Tapi, Anda bisa dengan mudah menemukan setrika arang yang terbuat dari besi dan kayu. Di Jl Chairil Anwar ada tiga toko menjualnya. Satu toko yang dijaga Neneng, dan satu lagi milik Herman. Setidaknya ada lima toko penjual barang-barang kuno.

Satu setrika arang dihargai antara Rp250 ribu hingga Rp350 ribu. Masih penasaran dengan benda-benda antik lainnya. Di tempat Neneng yang menjual enam bulan lalu ini juga ada bel listrik yang kerap digunakan di sekolah tempo dulu. Harganya lumayan. Rp500 ribu. “Masih bisa ditawar, Bu,” ujar Neneng yang mencari barang-barang kuno itu hingga ke Selayar, Kalimantan dan Pulau Jawa.

Tempat lilin warna abu-abu juga tersedia. Harganya pun Rp250 ribu. Di tempat Neneng, juga ada lampu unik dan kuno. Seperti lampu kerajaan. Menurut Neneng yang berjualan bersama suaminya ini, lampu-lampu tersebut didapatkan dari Jawa. Setidaknya ada lima lampu yang dijejer di toko sederhana yang terbuat dari kayu tersebut. “Lampu ini dari Jawa, katanya yang sering digunakan orang kerajaan dulu,” beber Neneng.

Satu lampu yang bisa ditarik ke atas dan ke bawah dihargai Rp1,7 juta hingga Rp2 juta lebih. Jika berminat, Anda masih menawarnya. “Barang-barang di sini bisa ditawar. Bagi pemburu barang antik dan kuno harga itu tidak mahal. Pembeli saya ada dari berbagai daerah bahkan banyakan turis,” beber wanita beranak dua ini dari Sunda ini.

Sebenarnya, Neneng masih punya teropong ala Popeye pelaut. Tapi sayang, teropong itu sudah laku. “Baru saja diambil turis. Teropong mata satu mirip Popeye,” ujar wanita asal Sunda ini.

Sama halnya dengan Neneng, pedagang barang kuno lainnya seperti Herman dan Abdul juga mengakui barang antik tersebut banyak diminati oleh turis lokal maupun mancanegara. Di toko milik Herman, tak hanya menjual setrika tapi juga ada keramik biru asal China yang telah berusia puluhan tahun.

“Ini keramik tahun 80-an. Guci ini juga,” ujar Herman seraya menunjuk beberapa keramik tua yang terlihat cantik. Untuk mendapatkan barang antik tersebut, ia biasa melancong ke luar daerah seperti Selayar dan Kalimantan hingga ke Jawa. “Ada juga dari Sulawesi,” ujar Herman. Harga keramik tersebut bervariasi. Bergantung dari usia dan asalnya. Harganya berkisar Rp300 ribu hingga jutaan rupiah.

Bahkan di toko milik Abdul, tetangga toko Herman, ada keramik China berukuran diameter sekira setengah meter. Warnanya biru dan putih bergambar burung. Dari tekstur dan coraknya terlihat jelas usia keramik tersebut sudah hampir seabad.

“Banyak keramik saya datangkan dari Selayar, Bugis dan Jawa. Kadang saya pergi cari, kadang ada juga orang yang antar. Peminatnya banyak, turis juga,” ujar Abdul, yang dulunya berprofesi sebagai sopir taksi ini.

Selain keramik, juga ada gentong unik berwarna coklat dan lukisan. Nah, bagi Anda pencinta benda-benda kuno, jalan-jalan ke Chairul Anwar bisa Anda coba.

2 Komentar:

Dr OSHA Safety Shoes mengatakan...

sepatu safety
Jual Sepatu Safety
sepatu safety boot
Sepatu safety untuk wanita
Sepatu safety untuk pabrik
Sepatu safety untuk proyek
jual Sepatu safety untuk motor
jual Sepatu safety online
Sepatu safety terbaik
harga sepatu safety
sepatu safety murah
jual sepatu gunung
sepatu boot
sepatu boot wanita
sepatu gunung murah

ANITA DI PADANG mengatakan...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...