Sinopsis 'DIE WELLE' ('THE WAVE')

Written By Unknown on Selasa, 06 Maret 2012 | 01.43


German
Director    :    Dennis Gansel
Starring    :    Jurgen Vogel, Frederick Lau, Max Riemelt, Jennifer Ulrich, Christiane Paul
Running Times    :    107 minutes
'You think a dictatorship isn't possible today?'

Film dengan topik autokrasi dan kediktatoran seorang pemimpin yang akhirnya memunculkan paham fasisme memang telah kerap ditemui di beberapa judul film, seperti V FOR VENDETTA (2006), AMERICAN HISTORY X (1998), atau film-film yang bercerita tentang Nazi, Hitler, maupun Mussolini. Namun, apa jadinya bila paham tersebut dijadikan materi pokok sebuah proyek anak sekolah menengah?

DIE WELLE, garapan Dennis Gansel ini bercerita tentang seorang guru bernama Rainer Wenger (Vogel), yang diberi tugas membimbing sekelompok siswa dalam mengerjakan proyek mingguan dari sekolah mengenai bagaimana autokrasi di sebuah komunitas kecil dapat mempengaruhi masyarakat luas. Wenger mencoba menerapkan paham autokrasi dalam pola pikir para siswa dan meminta mereka membentuk sebuah komunitas yang dapat mengatur komunitas lain yang lebih besar.

Pada awalnya, kelompok ini hanya melakukan diskusi tentang autokrasi. Namun, paham yang hanya diperuntukkan sebagai proyek sekolah dan materi bahasan dalam kelas ini perlahan-lahan mulai mempengaruhi mereka. Bersama Wenger, para siswa ini mulai mengekslusifkan diri dengan cara membentuk kelompok bernama Die Welle (The Wave). Mereka lalu mencoba memperluas pengaruhnya, dengan menggunakan cara vandalisme, yakni mencorat-coret fasilitas umum dengan lambang yang mereka ciptakan hingga melakukan intimidasi terhadap individu maupun sebuah kelompok yang mencoba melawan mereka.

Dari semua siswa yang ada dalam Die Welle, seorang siswi bernama Karo (Ulrich), mencoba menolak dan melawan semua tindakan yang telah dilakukan oleh rekan-rekannya, karena dianggapnya telah melenceng dari tujuan semula, yakni sebagai tugas sekolah. Di pihak Die Welle sendiri, ada Tim Stoltefuss (Lau), seorang anggota yang sangat fanatik dan menganggap bahwa kelompok ini merupakan segalanya. Untuk menghindari konflik yang lebih besar, Wenger harus mengambil tindakan drastis untuk menghentikan pergerakan tersebut. Apakah semuanya sudah terlambat dan apa hasil dari eksperimen sosial yang mengejutkan ini?

Film yang masuk sebagai salah satu nominasi Grand Jury Prize untuk kategori World Cinema dalam Sundance Film Festival pada tahun 2008 ini, merupakan hasil adaptasi novel berjudul THE WAVE karya Rodd Strasser, yang diinspirasi oleh kisah nyata yang terjadi di Palo Alto, California di tahun 1967.(Cinemags/roc)

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...