Daftar Komik dan Para Pencipta Komik Legendaris

Written By Rison Sarundaek on Jumat, 02 Maret 2012 | 08.42

Tahukah teman-teman Paman Gober, Superman, Spider-man, Tintin, dan Doraemon? Ya, mereka adalah tokoh komik yang melegenda selama puluhan tahun. Walau begitu, mereka masih disukai para pencinta komik. Tetapi siapakah pencipta tokoh terkenal itu? Kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Kenalan yuk dengan para komikus dunia.

Carl Barks, pencipta Paman Gober


Tokoh Paman Gober muncul pertama kali dalam komik Christmas on Bear Mountain pada Desember 1947. Tokoh ini diciptakan Carl Barks, yang di kalangan ilustrator dihormati sebagai ilustrator dengan gaya menggambar yang khas.

Will Eisner, tokoh komik di Amerika (pelopor novel grafis), menyebut Carl Barks bagaikan Hans Christian Andersen. Sebagian lagi menyebut Carl Barks sebagai ”the good duck artist”. Selain itu, karena ia sangat setia menggambar tokoh-tokoh bebek, dia dijuluki The Duck Man.

Jerry Siegel dan Joe Shuster


Siapa yang tak mengenal tokoh pahlawan super ini? Seragam biru dengan jubah merah serta logo ”S” di dada, mudah dikenali. Adalah Jerry Siegel dan Joe Shuster yang pada 1933 menciptakan tokoh pahlawan ini. Sekarang Superman adalah tokoh yang sangat terkenal, padahal ketika pertama kali diciptakan, naskah komik Superman ditolak oleh penerbit buku.

Akhirnya, sebuah penerbit yang baru meluncurkan komik Action Comics memutuskan menerbitkannya pada 30 Juni 1938. Ketika pertama kali muncul dalam Action Comics, Superman tidak mempunyai kemampuan terbang, hanya bisa meloncat tinggi.

Awal tahun 2010, Action Comics edisi pertama laku dengan harga 1.000.000 dollar Amerika Serikat, atau sekitar Rp 10 miliar. Luar biasa!

Spider-man karya Stan Lee dan Steve Ditko


Stan Lee adalah seorang legenda hidup di dunia komik. Dia menciptakan banyak tokoh komik, seperti Incredible Hulk dan Iron Man. Namun, Spider-man yang membuat nama Stan Lee terkenal. Spider-man diciptakan bersama ilustrator Steve Ditko. Stan Lee pernah mencoba gambar Spider-man bersama beberapa ilustrator lain, namun ia merasa paling cocok dengan gambar Spider-man buatan Steve Ditko. Spider-man pertama kali muncul dalam buku komik Amazing Fantasy # 15 pada Agustus 1962

Herge dengan Tintin


Herge adalah nama samaran dari Georges Remi, seorang penulis cerita dan ilustrator komik. Nama samaran Herge adalah pengucapan inisial namanya GR, yang dibaca terbalik menjadi RG. Tintin adalah wartawan berjambul dengan sweater biru. Awalnya komik Tintin diterbitkan secara bersambung di surat kabar Le Viengtieme Siecle, mulai 10 Januari 1929.

Setelah terkenal dalam cerita bersambung, Tintin baru kemudian diterbitkan dalam buku. Meskipun ceritanya sering berkesan serius karena bertema petualangan dan detektif, pembaca pasti tertawa membaca kekonyolan teman-teman Tintin.

Doraemon oleh Fujiko F Fujio dan Fujiko A Fujio


Komik dalam bahasa Jepang disebut manga. Tidak ada manga sepopuler Doraemon di Jepang maupun di seluruh dunia. Semua kalangan dari usia muda hingga dewasa jatuh cinta pada tokoh manga yang satu ini.

Doraemon muncul pertama kali Desember 1969, dalam cerita yang sangat sederhana, tentang sebuah robot kucing. Sang robot datang dari abad ke-22 ke masa kini dan tinggal bersama Nobita, seorang anak malas. Sehari-hari, Nobita dibantu oleh Doraemon yang selalu mengeluarkan berbagai alat unik dari kantung ajaib.

Nama-nama pencipta Doraemon sangat unik, huruf F dan A pada nama samaran mereka. Fujiko F Fujio adalah nama samaran dari Hiroshi Fujimoto, Fujiko A Fujio bernama asli Moto A Biko. Saking populernya tokoh ini, tahun 2008 Doraemaon diangkat sebagai duta anime kebudayaan Jepang.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...