Inilah 10 Penyebab Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Written By Rison Sarundaek on Kamis, 09 Februari 2012 | 01.57

Fatigue atau rasa lelah yang amat sangat sebenarnya bukan sesuatu yang asing. Setiap orang pasti pernah mengalami, hanya kadang tidak menyadari apa yang jadi penyebabnya.

Dalam tulisan ini ini, dibeberkan apa saja penyebab kelelahan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga berguna.



1 : Tidak cukup tidur

Sepertinya sudah lazim, kurang tidur memengaruhi konsentrasi dan kesehatan. Rasa lelah juga akan muncul jika tubuh mengalami kesulitan tidur.

Cara mengatasi : BUATLAH TIDUR SEBAGAI PRIORITAS DAN TETAPKAN JADWAL. TIDUR. MATIKAN LAPTOP, SINGKIRKAN PONSEL DAN TELEVISI DARI KAMAR TIDUR. Masih juga sulit tidur? Mungkin saatnya berkonsultasi dengan dokter: Siapa tahu Anda mengalami kelainan tidur.


2: Sleep Apnea

Banyak orang yakin telah cukup tidur, namun sleep apnea melanda. Mereka yang mengalami hal tersebut sebenarnya berhenti bernapas beberapa kali dalam semalam. Dan setiap kali papas terhenti, berarti mereka terbangun. Meski demikian, mereka tidak menyadari telah
terbangun dari tidur. Hasilnya adalah kekurangan tidur, walau sudah berbaring selama delapan jam di tempat tidur.

Cara mengatasi: TURUNKAN BERAT BADAN UNTUK YANG BERLEBIH BERAT BADAN DAN BERHENTI MEROKOK.


3: Tak cukup bahan bakar

Bahan bakar di sini maksudnya adalah asupan makanan. Makan terlalu sedikit menyebabkan rasa lelah yang amat sangat. Mengonsumsi pola makan seimbang akan menjaga gula darah dalam kondisi normal dap mencegah timbulnya "rasa melayang" ketika gula darah menurun.

Cara mengatasi: SELALU SARAPAN DAN COBALAH UNTUK MENGONSUMSI PROTEIN DAN KARBO KOMPLEKS DALAM SETIAP WAKTU MAKAN.


4: Anemia

Menurut WebMD, anemia adalah salah satu penyebab fatigue pada kaum perempuan. Darah yang hilang saat menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Padahal, sel darah merah yang cukup dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Cara mengatasi : PENDERITA ANEMIA KARENA KEKURANGAN ZAT BEST SEBAIKNYA MENGASUP SUPLEMEN ZAT BESI DAN MENYANTAP MAKANAN YANG KAYA BESI, MISALNYA DAGING TANPA LEMAK, HATI, KACANG-KACANGAN, DAN SEREAL.


5 : Depresi bukan hanya memengaruhi kondisi emosional, namun juga fisik.


Fatigue, sakit kepala, dan kehilangan selera makan adalah gejala yang paling umum tampak ketika seseorang mengalami depresi.
Cara mengatasi: KONSULTASI DENGAN PSIKIATER ATAU MEMAKAI OBAT OBATAN YANG DIRESEPKAN DOKTER.


6 : Terlalu banyak kafein

Kewaspadaan dan konsentrasi, jika dikonsumsi dalam jumlah normal. Kafein jadi masalah jika diasup terlalu banyak karena akan meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan memicu rasa gugup. Riset juga menunjukkan bahwa terlalu banyak kafein membuat peminumnya merasa sangat lelah.

Cara mengatasi : SECARA BERTAHAP KURANGI ASUPAN KOPI, TEH, COKELAT, SOFT DRINK, DAN OBAT OBATAN YANG MENGANDUNG KAFEIN. BERHENTI DENGAN TIBA-TIBA DAPAT MENIMBULKAN KETAGIHAN DAN FATIGUE PUN MELANDA.


7 : Diabetes

Pada penderita diabetes, kadar gula darah yang tinggi dan abnormal menetap di dalam saluran darah dan tidak memasuki sel-sel tubuh. Padahal gula darah itulah yang akan diubah menjadi energi. Hasilnya adalah tubuh yang kekurangan energi, walau cukup makan. Jika Anda mengalami fatigue berkesinambungan dan tidak jelas sebabnya, konsultasi ke dokter, siapa tahu Anda menderita diabetes.

Cara mengatasi: PERAWATAN UNTUK DIABETES BISA MELIBATKAN PENGUBAHAN GAYA HIDUP, MISALNYA POLA MAKAN SEHAT DAN RUTIN OLAH RAGA, TERAPI INSULIN, DAN PENGOBATAN UNTUK MEMBANTU TUBUH MEMPROSES GULA.


8: Dehidrasi

Fatigue bisa jadi disebabkan dehidrasi. Apa pun jenis pekerjaan Anda, tubuh butuh air untuk menjaganya bisa bekerja normal. Merasa haus? Berarti dehidrasi sudah melanda.

Cara mengatasi : MINUM . BANYAK AIR SEPANJANG HART, SEHINGGA WARNA URIN CUKUP TERANG. MINUM DUA CANGKIR AIR SATU JAM SEBELUM BERAKTIVITAS. KEMUDIAN, BEBERAPA TEGUK SELAMA BERLATIH DAN SETELAHNYA, MINUM LAGI DUA CANGKIR AIR.

9 : Penyakit jantung

Fatigue yang menyerang ketika Anda sedang melakukan kegiatan rumah atau berkebun, bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah dengan jantung. Jika Anda semakin sulit untuk menyelesaikan tugas yang semula dapat dilakukan dengan mudah, mungkin Anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang adanya kemungkinan penyakit jantung.

Cara mengatasi: PERUBAHAN GAYA HIDUP, PENGOBATAN, DAN PROSEDUR TEURAPETIK AKAN MENGENDALIKAN PENYAKIT JANTUNG, SEHINGGA ANDA BISA MENDAPATKAN KEMBALI ENERGI UNTUK BERAKTIVITAS.


10 : Jadwal kerja yang berotasi dapat mengganggu jam tubuh.

Anda akan merasa lelah pada saat seharusnya terjaga. Selain itu, Anda mungkin akan kesulitan tidur di siang hari.

Cara mengatasi : HINDARI SINAR MATAHARI KETIKA HENDAK BERISTIRAHAT PADA SIANG HARI. BUAT RUANG TIDUR TEMARAM, SUNYI, DAN SEJUK.

1 Komentar:

Cara mengatakan...

INfo yang sangat bermanfaat, thanks sudah share :)

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...