Perempuan Asal Indonesia Jadi Deputy Sherrif di Amerika

Written By Rison Sarundaek on Senin, 06 Februari 2012 | 09.38

Mojang Bandung Jadi Deputy Sherrif di Amerika

13280919101656656559

Nama lengkapnya Maria Esther Indrasari. Lahir di Bandung pada 24 Mei dan besar di kota itu hingga kuliah di jurusan Desain Interior Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung. Tahun ketiga, Marie, panggilan akrabnya, pindah ke Greensboro North Carolina karena menikah dengan Dan Llyod, seorang pakar IT yang  bekerja di perusahaan garmen terkenal Amerika. Konon keduanya bertemu di hutan. Lloyd sebagai aktivis Greenpeace dan Maria di World Wild Foundation (WWF).

132815617810861362
Setelah menikah, Marie melanjutkan (bukan mengulang) kuliah Desain Interior di University of North Carolina at Greensboro (UNCG), sebuah kampus negeri di negara bagian North Carolina. Sambil kuliah, Marie bekerja paruh waktu sebagai desainer di Zimmerman Furniture lalu di pabrik karpet Lexington North Carolina. Setelah lulus, sempat bekerja jadi Desainer Interior di sebuah konsultan. Karena belum mendapat lisensi sebagai Desainer Interior, dalam proyek-proyek yang diekspos majalah, namanya tidak pernah dicantumkan sebagai tim desainer interior. Tidak betah, dia kemudian mendirikan perusahaan sendiri MLDG LLC. Selain seorang Desainer Interior, dia juga seorang pelukis yang karyanya sering dia pamerkan dari galeri ke galeri terutama di Morikami Museum and Japanese Garden. Kabar kemudian, dia dan suaminya pindah ke selatan, Palm Beach, Florida.

Jadi Polisi

Lama tidak terdengar kabar. Hingga suatu hari dia mengirim e-mail dilengkapi foto-foto dirinya dan beberapa bule berpakaian hitam. Ternyata foto dia sedang dilantik jadi polisi di Palm Beach. Ha? Jadi polisi Amrik? Iya, katanya. Via e-mail dia lalu bercerita bahwa kesulitan ekonomi yang dialami Amerika berimbas pada sepinya proyek desain interiornya. Dia kemudian mencoba cari pekerjaan ke pemerintah.

Salah satu cita-citanya jadi polisi. Jadi dia pernah melamar ke FBI, tapi ditolak dengan alasan karena pendidikannya terlalu spesifik. Terus melamar ke beberapa kantor polisi yang semuanya menolak dengan alasan antara lain bertubuh kecil atau pendek dan ras Asia. Stereotip perempuan Asia dimata bule Amerika itu lemah gemulai.

Menurut Marie, polisi di Amerika ada tiga macam. Polisi Federal yang dikenal dengan sebutan FBI (Federal Bureau of Investigation), polisi negara bagian (state police, contohnya polisi patroli jalan raya di film CHIPS (California Highway Patrol) dulu, polisi kota seperti yang sering jadi serial fil tv seperti Los Angeles Police Department (LAPD) atau New York Police Department (NYPD) dan polisi wilayah semacam kabupaten dan kecamatan (county) yang dikenal dengan sebutan sherrif dan anggotanya disebut deputy sherrif. Polisi negara bagian, polisi kota dan polisi county negara bagian Florida berada di bawah Florida Department of Law Enforcement.

Maria pun lalu mencoba daftar ke Akademi Kepolisian (Palm Beach State College- Police Academy).  Setelah  gagal tes 11 (sebelas) kali , tes yang ke 12 kalinya dia diterima di Akademi Kepolisian itu dan mengikuti latihan selama enam bulan. Gara-gara ekonomi sedang sulit, yang biasanya masuk akademi dibayarin pemerintah, sekarang sebagian kadet harus bayar sendiri. Di Akademi Kepolisian Maria kelas 137 (angkatan ke 137). Di kelas, ada 28 orang dan perempuannya hanya tiga orang. Meskipun bertubuh kecil, Maria punya nyali gede, jadi, selama pendidikan dia sering hampir terlibat perkelahian dengan kadet lain yang bikin ulah. Maria yang bertubuh kecil katanya memberi inspirasi ke yang lain. Banyak yang bertubuh kecil atau pendek juga kemudian melamar jadi polisi.

Ketika lulus, Maria diminta masuk PBSO (Palm Beach Sherrif Office). kantor sherrif itu menerima Marie karena kebetulan PBSO membutuhkan polisi dari ras Asia. Waktu tes, dia kandidat nomor satu karena nilai tes dia paling tinggi dan satu-satunya perempuan Asia. lalu masuk dinas polisi FTO (field training office) bekerja sebagai staff crash investigator alias peneliti kecelakaan di kantor Sherrif Lake Worth Florida County.  Dilihat berdasarkan unit kerja, Marie masuk unit traffic. Jadi salah satu kegiatannya adalah patroli di wilayah Lake Worth. Untuk menambah kemampuannya sebagai deputy sherrif, Maria sekarang kuliah lagi bidang psikologi forensik di Florida Atlantic University di kota tempat tinggalnya Boca Raton Florida .

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...