Wudang Shan Serasa Negeri Kung Fu di Atas Awan

Written By Rison Sarundaek on Selasa, 07 Februari 2012 | 09.41


Pernah menonton film Karate Kid? Komplek kuil yang menjadi latar film itu bukanlah animasi. Adalah Wudang Shan, tempat lahirnya Kung Fu sebagai seni bela diri khas China. Tempat ini berdiri megah di antara tebing bebatuan.

Salah satu tempat meditasi di Wudang Shan (chinadiscover.net)


 Wudang Shan atau Pegunungan Wudang terletak di Provinsi Hubei, China. Ini adalah sebuah komplek kuil yang berjejer di sepanjang pegunungan, menghias tebing-tebing batu nan tinggi menjadi sebuah karya arsitektur yang menawan. Wudang Shan adalah tempat suci bagi para penganut agama Tao.

Perlu mendaki ribuan tangga batu untuk tiba di komplek ini. Namun, apa yang ada di atasnya adalah keindahan mutlak. Total ada 2 kuil besar, 72 candi yang terbuat dari batu, 12 paviliun, dan 10 tempat beribadah bagi umat Tao. Konon, di sinilah asal mula terciptanya seni bela diri asal China yaitu Kung Fu.


Bangunan pertama di komplek ini adalah The Five Dragon Temple, dibangun pada masa Dinasti Tang (618-907 masehi). Beberapa kuil lain dibangun pada masa pemerintahan yang sama, serta dilanjutkan pada masa Dinasti Ming (1368-1644 masehi). Seluruh bangunannya adalah mahakarya seni arsitektur China yang telah berusia lebih dari 1.000 tahun!

Tak heran, pada 1994 UNESCO memberi gelar Situs Warisan Dunia pada Wudang Shan. Jika melihatnya dari kejauhan, Anda tak akan habis pikir bagaimana komplek kuil ini bisa berada di tengah-tengah tebing curam. Ada 72 puncak bukit, 36 tebing batu, dan 24 aliran air yang mengitari keseluruhan komplek kuil ini.


Puncak Tianzhu adalah titik tertinggi Wudang Shan, berada di ketinggian 1.612 mdpl. Disebut juga sebagai 'Golden Top', karena di puncaknya terdapat kuil dengan atap terbuat dari emas! Ini adalah destinasi suci yang wajib dikunjungi oleh para penganut agama Tao.



Golden Top, pura beratap emas di Puncak Tianzhu (history-cultural-china.com)


 Dulu, kuil-kuil ini digunakan sebagai tempat berlatih bela diri, meditasi, hingga tempat belajar pengobatan tradisional China. Anda bisa mengunjungi beberapa kuil lain seperti Nanyan Temple dan Purple Cloud Temple, tentunya jika Anda kuat mendaki ribuan anak tangga. Berani?

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...