4 Tokoh Dunia yang Mengidap Penyakit Jantung (Solusi Mereka?)

Written By Rison Sarundaek on Kamis, 09 Februari 2012 | 01.21

PENYAKIT jantung masih tercatat sebagai salah satu penyakit paling mematikan. Gangguan jantung datang tanpa memandang bulu, siapa pun bisa mengidap penyakit yang satu ini, termasuk para selebriti dan tokoh dunia.

Siapa saja sosok-sosok populer yang tercatat mengidap penyakit jantung dan bagaimana mereka menanganinya? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Bill Clinton


Februari 2011, mantan presiden AS ini dilarikan ke rumah sakit akibat rasa sakit di dadanya, sehingga tim medis pun harus memasang dua batang pen di pembuluh darah koroner. TIME mencatat, tindakan ini lazim dilakukan terhadap pasien yang pernah menjalani operasi bypass, termasuk Clinton yang menjalani operasi bypass di tahun 2004 dan 2005.

Tak ingin kembali terbaring di meja operasi, Clinton pun mendeklarasikan diri sebagai vegetarian serta menghapus daging, telur dan produk olahan susu dari daftar makanannya sehari-hari. Kepada CNN, Clinton mengaku bersyukur nyawanya tidak melayang karena penyakit jantung.

2. Toni Braxton

Saat membintang pementasan Broadway, ‘Aida’, Braxton pingsan setelah merasa kelelahan dan sakit kepala, serta rasa sesak di dadanya. Tim medis menyebutkan, penyanyi pemenang Grammy Awards itu didiagnosis mengidap pericarditis, peradangan di sel-sel jantung yang seringkali disebabkan oleh virus.

Diakuinya pada The Daily Beast, Braxtin kini rutin mengonsumsi obat untuk mengatur tekanan darah dan berolahraga dengan treadmill. Braxton juga menggantikan fastfood dan kudapan asin dengan salad dan sup.

3. Robin Williams


Maret 2009, Williams menjalani operasi katup jantung di Cleveland Clinic, Ohio. Tindakan operasi ini dilakukan setelah bintang film Mrs. Doubtfire ini mengalami sesak napas di sela-sela tur stand-up comedy yang dijalaninya. People melansir, sejak saat itu, Williams mengaku lebih menghargai hal-hal sederhana seperti bernapas dan para sahabat yang selalu berada di dekatnya.

4. Miley Cyrus

Tidak banyak yang tahu, penyanyi remaja yang satu ini mengidap tachycardia, gangguan kesehatan yang menyebabkan jantungnya berdetak lebih cepat dari orang-orang pada umumnya. Hal ini diungkap Cyrus dalam otobiografi ‘Miles To Go’ yang diluncurkan 2009 lalu. Pemeran Hannah Montana itu menuturkan, penyakit yang diidapnya itu tidak terlalu berbahaya, hanya saja seringkali mengganggu penampilannya di atas panggung.

Berbeda dengan rekan-rekan sesama selebritis yang mengidap gangguan jantung, Cyrus justru nampak acuh tak acuh dengan kesehatannya. Cyrus seringkali tertangkap kamera tengah mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar yang dapat memperburuk kondisi jantungnya.



0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...