Inilah 8 Lagu Top yang Terinspirasi dari Laut

Written By Rison Sarundaek on Jumat, 10 Februari 2012 | 13.15

Laut menyimpan sejuta pesona. Dari orang biasa-biasa saja sampai ‘somebody’ menyukai laut dan ombaknya.
Begitu juga para musisi dunia, menjadikan laut sebagai inspirasi untuk membuat lagu-lagu bagus.
Ada John Lennon dan Paul McCartney, Led Zeppelin, sampai Beach Boys telah menciptakan lagu-lagu yang ilhamnya datang dari luat.
Penyanyi lokal Indonesia pun banyak menjadikan laut sebagai lagu yang kemudian diterima publik. Slank, misalnya. Berikut delapan lagu yang pernah ngetop yang terinspirasi dari laut.


 1. “Beyond the Sea”, Bobby Darin



Beyond the Sea telah dinyanyikan oleh banyak orang selama enam dekade terakhir ini, namun yang dibawakan Bobby Darin paling enak didengar. Lagu ini sebetulnya dibuat pada 1946, tetapi menjadi sangat terkenal pada 1950-an.
Lagu ini telah dipakai sebagai soundtrack beberapa film seperti Austin Power sampai Finding Nemo. Aktor McGregor dan Cameron Diaz menyanyikan lagu ini di film A Life Less Ordinary.


 2. “Sail on Sailor,” The Beach Boys



Lagu ini dirilis pada 1973 di album Holland, satu dari album terakhir grups musik asal Kalifornia itu. Grup ini terdiri dari Brian, Dennis and Carl Wilson, bersama Mike Love dan Al Jardine.


 3. “Under the Sea,” dari film Disney “The Little Mermaid”

Ini menjadi lagu masa kanak-kanak yang difavoritkan banyak penggemar musik. Di film The Little Mermaid, Putri Aerial rindu bergabung dengan dunia manusia yang hidup di atas permukaan air.
Penasihat raja, udang bernama Sebastian, mencoba meyakinkan putri untuk tidak pergi ke daratan, dan menyanyikan lagu tentang kesenangan hidup di laut dan mengatakan kepada putri ‘sayang hidup di bawah air lebih baik, lebih basah’.


 4. “Octopus’s Garden,” The Beatles


Lagu favorit ini dibuat untuk album Abbey Road yang dibuat pada 1969. Tidak biasanya buat Beatles, lagu tentang hewan laut ini diciptakan oleh Ringo Star, sang drumer. Ia juga menjadi lead vokal di lagu ini.
Lagu ini tentang keriangan gurita yang hidup di bawah laut. Tentang kesukaan sang penyanyi terhadap tenang dan bahagiannya kehidupan laut.


 5. “(Sittin’ on) The Dock of the Bay,” Otis Redding



Ini lagu terakhir yang direkam oleh Otis Redding sebelum dia tewas akibat kecelakaan pesawat di 1967. Lagu ini dirilis sesaat setelah kematian dan menjadi semacam lagu anugerah yang mencapai puncak tangga lagu di Amerika.

Redding mendapat penghargaan Grammy atas lagu ini di 1968. Ia membuat lagu ini setelah tinggal di rumah perahu di Kalifornia.

 6. “The Ocean,” Led Zeppelin



Grup musik rock Inggris Led Zeppelin menulis lagu ini di awal 1970-an di puncak kesuksesan mereka. Lagu ini merujuk pada kesukaan mereka pada laut dan pernak-perniknya, seolah mereka bicara pada laut.


 7. “Girl and the Sea,” The Presets



The Presets membuat lagu elektropop berjudul Girl and the Sea yang mengajak orang-orang untuk langsung menari. Presets, penyanyi duo asal Australia (Julian hamilton dan Kim Moyes), yang dibentuk pada 2003.
Kekaguman terhadap wanita dan laut dimasukkan dalam lagu yang membuat grup ini melambung.


 8. “Mermaid in the Night,” Jimmy Buffett



Buat penyuka musik country, lagu Jimmy Buffet yang terinspirasi dari laut ini termasuk yang terbaik di kelompoknya.
Lagu ini muncul pada 1989 di album Off to See the Lizard yang menjadi salah satu dari 30 album Buffet.
Intinya, bercerita tentang penyanyi yang jatuh cinta pada putri duyung ketika memancing di malam hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...