Candi Ratu Boko, Sisi Keindahan Lain dari Yogyakarta

Written By Rison Sarundaek on Sabtu, 11 Februari 2012 | 09.28


Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata Candi Prambanan, dan Malioboro-nya saja. Di kota budaya ini Anda juga bisa menemukan sisi lain keindahannya yaitu di Candi Ratu Boko. Banyak kalangan wisatawan menilai di sinilah tempat terbaik untuk menikmati sunset.


Candi Ratu Boko atau juga yang dikenal dengan sebutan Istana Ratu Boko memiliki luas sekitar 25 hektar. Candi ini terbagi dalam 4 bagian yaitu barat, timur, tenggara dan tengah. Di kawasan ini terdapat beberapa gapura, candi, candi pembakaran untuk membakar jenazah, kolam yang luas, gua, dan perbukitan.


Selain itu, di candi ini juga terdapat sumur yang penuh misteri pada bagian tenggara. Sumur tersebut bernama Amerta Mantana, yaitu air suci yang diberikan mantra. Candi Ratu Boko sendiri dibangun pada abad ke-8, atau pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Konon, bangunan ini didirikan untuk meditasi dan tempat menyepi.


Maka tak heran, jika bangunan ini pada zamannya dikenal dengan sebutan Abhayagiri Vihara, yaitu biara di bukit yang penuh kedamaian. Saat berada di tempat ini, Anda dijamin akan mendapatkan kedamaian dan ketenangan. Selain arsitekturnya yang megah, Candi Ratu Boko menawarkan pemandangan yang mempesona nan elok.


Dari Candi Ratu Boko, Anda dapat melihat pemandangan Kota Yogyakarta, Candi Prambanan, dan Gunung merapi yang megah. Saat cuaca cerah, Anda dapat menyaksikan sunset yang cantik dari tempat ini. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset adalah di Candi Pembakaran. Bagi Anda pecinta fotografi Candi Ratu Boko adalah objek yang menarik untuk dieksplorasi.


Candi Ratu Boko terletak tidak jauh dari Candi Prambanan yaitu hanya berjarak 3 km, atau 17 km dari Kota Yogyakarta. Selain dapat menggunakan kendaraan pribadi, menuju tempat ini juga dapat menggunakan angkutan umum dari Malioboro.


Biasanya saat mengunjungi Candi Prambanan, Anda akan ditawari oleh pemandu setempat untuk mengunjungi Candi Ratu Boko. Harga yang ditawarkan untuk paket Candi Prambanan-Candi Ratu Boko sebesar Rp 45 ribu.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...