Anggun C Sasmita Wakili Prancis ke Kontes Lagu Eurovision 2012

Written By Rison Sarundaek on Jumat, 30 Desember 2011 | 10.53


Penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia yang kini menjadi warga negara Prancis, Anggun Cipta Sasmi, dipastikan mewakili negara tersebut dalam kontes lagu paling bergengsi di Eropa, Eurovision yang akan digelar pada 26 Mei 2012 di Baku, Azerbaijan.

”Ini merupakan kehormatan besar. Saya mungkin melambangkan Prancis hari ini yang terbentuk dan terdiri atas beragam budaya. Negara Anda telah memberikan saya sebuah bahasa dan identitas yang indah,” ujar Anggun kepada surat kabar terbesar di Prancis, Le Parisien, Selasa (29/11) sebagaimana dirilis Rolling Stones, Rabu (30/11).

”Saya tinggal di Paris. Saya menikah dengan pria Prancis dan anak perempuan saya, Kirana, adalah orang Prancis yang memakan nasi dan keju,” lanjutnya.

Eurovision Song Contest adalah kompetisi lagu pop tahunan yang digelar di antara negara-negara yang aktif sebagai anggota European Broadcasting Union (EBU). Setiap negara mendaftarkan sebuah lagu yang akan ditampilkan di televisi secara live oleh grup atau musisi yang telah dipilih, lalu  melakukan pemungutan suara guna menentukan lagu paling populer dalam kompetisi tersebut.

Kontes lagu populer ini selalu disiarkan secara luas sejak pertama kali diluncurkan pada 1956 dan merupakan salah satu program televisi paling lama bertahan di dunia.
Banyak Ditonton

Dengan jumlah penonton 100 - 600 juta, Eurovision Song Contest juga merupakan salah satu acara non-olahraga yang paling banyak ditonton di seluruh dunia.

Beberapa nama yang menjadi pemenang Eurovision Song Contest di antaranya ABBA yang mewakili Swedia pada 1974 dengan lagu ”Waterloo” dan Celine Dion yang mewakili Swiss pada 1988 dengan lagu ”Ne partez pas sans moi.”

Negara yang menduduki posisi paling atas dan langganan menjadi juara adalah Irlandia (tujuh kali juara), disusul Prancis, Luksemburg, dan Inggris Raya yang ketiganya menjadi juara lima kali.

Belum diketahui lagu apa yang akan dinyanyikan Anggun. Yang pasti, publik Prancis berharap Anggun dapat memberikan kemenangan bagi negaranya di Eurovision Song Contest setelah 34 tahun berpuasa. Prancis terakhir kali memenangi konser tersebut pada tahun 1977 melalui lagu ”L’Oiseau et L’Enfant” yang dinyanyikan Marie Myriam. (G20-37)

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...