Belajar Menjadi Kaya

Written By Rison Sarundaek on Jumat, 30 Desember 2011 | 00.14

 
Kita semua tahu, doa dan usaha menjadi faktor penting dalam meraih kesuksesan. Begitu juga dengan harapan menjadi kaya secara finansial. Dari sebuah buku yang berjudul The Millionaire Next Door disebutkan jika kekayaan itu adalah apa yang kita akumulasikan, bukan apa yang kita belanjakan.

Selain berdoa dan usaha yang giat, rupanya ada juga hal-hal lain yang bisa membantu kita untuk bisa kaya. Hal itu berkaitan dengan pola hidup kita. Misalnya, yang selama ini kita terbiasa tidak begitu menghargai uang, sekarang kita belajar bagaimana kita lebih menghargainya. 

Dari buku tadi juga disebutkan beberapa langkah yang bisa membantu seseorang menjadi kaya. Langkah-langkah tersebut adalah : 

Hidup sederhana

Meski memiliki penghasilan yang tinggi, seseorang tak bisa dikatakan kaya jika sebagian besar uangnya dihabiskan untuk bersenang-bersenang. Bisa disebut, mereka adalah ceroboh karena hanya memiliki pola pikir “hidup untuk hari ini saja”. Seperti kata pepatah, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, so hiduplah sederhana untuk hari ini dan menikmati keberhasilan di masa mendatang.

Menyusun rencana

Rencana hidup yang kita siapkan, haruslah memiliki visi jangka panjang. Kemudian, jalankan rencana itu pada hari ini, esok, lusa, hingga 20 tahun ke depan. Konsisten dengan rencana finansial yang sudah kita buat,dan selalu lakukan evaluasi terhadap pengeluaran yang sudah kita lakukan.

Melakukan diversifikasi

Pada sebagian orang yang sudah kaya, kegiatan membuat diversifikasi investasi menjadi hal yang biasa. Cara ini membuat mereka fleksibel dalam menghadapi masa-masa sulit. Cara pembedaan investasi ini bisa kita contoh. Jika kita memiliki uang lebih, simpan atau investasikan uang itu pada beberapa saluran misalnya saham, obligasi, mata uang, komoditas, dan lain sebagainya. 

Minimalkan kartu kredit

Sebisa mungkin, setiap transaksi kita lakukan dengan cara tunai. Mungkin kesannya akan sedikit ketinggalan karena kebanyakan teman kita menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Pun begitu, sesungguhnya meminimalkan penggunaan kartu kredit itu akan membantu kita menjadi kaya karena kita akan terbebas atau setidaknya memiliki hutang kredit yang sedikit. 

Tabungan tunai

Menyimpan uang dalam beberapa tabungan yang berbeda akan membantu kita untuk mengatur pengeluaran. Maksudnya, sebagai contoh, pada tabungan A, akan digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari. Sedangkan pada tabungan B, akan digunakan untuk masa tua, dan pada tabungan C, akan digunakan untuk pendidikan anak-anak. Lebih dari itu juga, memiliki beberapa rekening di sejumlah bank juga akan memungkinkan bagi kita untuk mendapat fasilitas yang berbeda-beda.

Bagaimana, apakah di antara teman-teman sekalian juga ingin kaya? Atau barangkali ada yang sudah kaya, kalau begitu jangan lupa juga untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di sini, agar kita semua bisa menjadi kaya. Dan satu lagi, saya berharap kita semua bisa kayak arena kerja keras dan kejujuran kita.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...