Vovinam, Bela Diri Khas Vietnam Yang Mendunia

Written By Rison Sarundaek on Kamis, 24 November 2011 | 23.51

13221444471128879318

Di antara cabor yang dipertandingkan di Sea Games 2011, ada satu cabor baru yang menarik perhatian saya, yaitu Vovinam. Cabor ini ternyata baru dipertandingkan pertama kalinya di Sea Games kali ini.

Tertarik untuk lebih banyak mengetahui tentang Vovinam ini, saya coba googling artikel-artikel yang membahas vovinam. Paling mudah ya ke Wikipedia. Oke, saya coba meringkasnya:

  1. Merupakan seni bela diri dari Vietnam, yang disebutkan mempunyai kemiripan dengan pencak silat. Tapi kadang juga menyerupai wushu.
  2. Vovinam ditemukan Nguyễn Lộc (8 April 1912 - 4 April 1960). Nguyen memperkenalkan vovinam sebagai seni bela diri tradisional Vietnam pada 1938. Setelah diadakan demonstrasi di Hanoi pada 1939, vovinam dengan cepat berkembang di negara itu dan akhirnya menyebar secara internasional.
  3. Teknik gerakan Vovinam menggabungkan sifat keras (gerakan frontal) dan lembut (gerakan sirkular).
  4. Vovinam mencakup teknik bela diri tangan kosong dan penggunaan senjata.
  5. Vovinam mengandalkan kecepatan dan kekuatan tangan, siku dan tendangan dalam gerakan menyerang. Sedangakan gerakan bertahan menggunakan tangkisan dan hindaran.
  6. Prinsip Yin dan Yang (bahasa Vietnam: Am-Dương) menekankan bahwa dalam kehidupan universal ada kaitan antara Yin (negatif) dan Yang (positif). Vovinam menekankan hal itu, yaitu adanya kekerasan yang mendasari kelembutan dan adanya kelembutan yang mengatasi kekerasan.
  7. Mengajarkan filosofi semangat juang, keberanian, keuletan, kejujuran, kesederhanaan dan toleransi, yang mengarah pada karakter dan ketahan moral.

Selanjutnya saya mencoba mengamatinya secara langsung, yaitu melalui rekaman di youtube.
Rekaman youtube yang pertama, mempertontonkan demonstasi kehebatan Vovinam (silakan klik video di sini). Video ini banyak menonjolkan teknik guntingan kaki. Sangat mengesankan dan atraktif.

Mau coba lihat bagaimana bentuk pertandingannya? Kebetulan ada rekaman dari Sea Games 2011. Yang pertama saya lihat semacam kumite berpasangan (atau embu kalau di Kempo). Memang mirip silat. Tapi kadang juga mirip wushu. Waktu peragaan semacam kata perorangan, terlihat lebih banyak gerakan-gerakan yang tegas. Dalam hal tendangan lebih mirip taekwondo, karena tendangan banyak mengarah ke atas. Nah, waktu peragaan senjata (pedang dan tongkat), ada kemiripan dengan silat dan wushu. Terus, untuk “kumite”nya, kok saya jadi seperti nonton taekwondo ya. Kostum dan pengambilan kuda-kudanya mirip banget, cuma kepalan tangannya pakai sarung tinju.Ayo kita tonton di sini.

Nah, sekarang justru kita pelajari kembali latihan-latihan dasarnya. Untuk latihan dasarnya, tidak banyak kembangan seperti di silat, lebih banyak gerakan tegas seperti di karate. Dan ternyata di video ini banyak juga diajarkan teknik kuncian, seperti aikido, bahkan juga menyerupai gulat atau jiujitsu. Nah ayo kita belajar pelajari Vovinam di sini.

Setelah lihat video, saya coba searching foto-foto Vovinam. Ini foto-fotonya ……….

Kalau kita logonya, sekilas menggambarkan filosofiYing & Yang. Gambar yang ada pada logo mempelihatkan teknik guntingan kaki, yang sering ditonjolkan dalam demonstasi-demonstrasinya. Di bawah, saya coba tampilkan beberapa gambar yang cukup mewakili kesan saya tentang Vovinam.

Mungkin ada di antara kompasianer yang juga praktisi Vovinam, Mohon dikoreksi kalau ada yang keliru. Mohon juga tambahan pencerahannya, karena ini cuma hasil googling di internet, bukan hasil interaksi dengan praktisi langsung.



sumber : http://olahraga.kompasiana.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...