Inilah Kronologis Charity Settingan Versi Valencia Mieka Randa

Written By Unknown on Minggu, 20 November 2011 | 16.47

Dear All,

Hari ini saya tidak kuat lagi menahan emosi saya. Marah yang benar-benar membuat saya pengen menjerit karena melihat tayangan TVOne yang tetap menayangkan acara Charity Fashion Show yang saya hadiri, yang waktu itu dikasih tau bakal disumbangin buat nando.

Saya bukan tipe orang yang suka mengumbar amarah, seberat apapun masalahnya kalau masih bisa dikomunikasikan, saya lebih memilih cara diskusi – get a win-win solution -ketimbang mengumbar amarah.
Tapi setelah bicara panjang lebar di BBM dengan mbak Fifi Buntaran selaku orang yang mengundang saya, dan mbak Rey selaku wartawan dari TVOne,.. mencari solusi terbaik… demi menjaga supaya tidak ada anggapan jika saya ~ on behalf of nando ~ menerima sumbangan dari acara tersebut padahal enggak sama sekali.. dan mendesak supaya TIDAK sepotong gambar pun ada saya dan gambar nando di tayangan tersebut… Pihak TVOne via wartawannya menyetujui, dan mbak Rey sudah cukup kooperatif so far… jadi saya pikir semua sudah selesai.

Gak tahunya,… malam ini,… di acara SOSIALITE  jam 8 malam, …TVOne masih tetap menayangkan acara tersebut, dimana ada potongan gambar sosialite yang megang gambar nando,… dan masih ada saya juga disana,… padahal katanya mereka acaranya udah di CUT.

Huaaaaahhhhhhhh…  beneran GAK TERIMAAAAA!!!!
Asli, sesabar-sabarnya saya… saya tetap gak akan bisa diam kalau saya merasa dirugikan. Mereka cuma mikirin diri sendiri, mikirin bajunya supaya bisa nampil dia cara sosialite tersebut, dan mikirin popularitas. Gak mikirin orang lain. yang nama baiknya dipertaruhkan disini, yang niatnya bener2 tulus pengen bantu
Ini yg mau saya garis bawahi!
Walaupun memang tidak spesifik menyebutkan nama saya, dan nama nando, tetapi karna saya sudah bilang saya keberatan atas tayangan tersebut ke pihak TVOne (melalui wartawannya) dan mereka juga tahu betul bahwa acara Charity itu settingan,…. maka pihak  TVOne jelas TIDAK BERHAK menayangkan gambar yang ADA saya ataupun gambar2 nando, meski hanya di pegang oleh para socialita.
Mereka sudah tau saya keberatan,… HARUSNYA kalaupun tetap mau ditayangkan, betul2 menghilangkan seluruh gambar yang ada saya disitu..
Yang hebatnya, mereka ini pinter… They play in grey area… Mereka gak mau rugi dengan tetap menayangkan acara tersebut, meski ada saya, mereka berkilah acara ini sudah banyak banget dipotong…
Padahal kalau mereka PEDULI, mereka bisa aja setting ulang, shooting ulang atau apalah, tanpa melibatkan saya dan gambar nando disana.
Katanya acara ini dah gak nyebutin nama saya dan gak nyebutin acara itu buat charity untuk #Nando…
Ya Tuhaaaannn… Capek rasanyaaaaaa…
Jujur saya marah sekali, sekaligus lelah sekali… Orang mungkin ga tau dilema yang saya hadapi. Saya bener2 pengen nuntut secara hukum… tapi kepikiran, berapa banyak waktu saya yang harus saya habiskan untuk ini… :(
Saya gak pengen menghabiskan waktu saya yang sisa sedikit untuk urusan-urusan yang gak penting kayak gini. Lebih mulia jika sisa2 waktu dan tenaga yang masih saya punya,… saya kasih buat Tuhan… buat menyenangkan hati Tuhan,.. dengan melayani DIA melalui sesama…
Dan saya gak pengen masuk tipiiiii…. sumpaaaahhhh… They pick the wrong person!!! :’(  *nangis kenceng-kenceng*
Ok, tarik nafas dulu…
Saya ceritakan kronologis acaranya yah…
****

Kronologis


Beberapa hari yang lalu saya sharing tentang Nando, anak yang menderita gagal ginjal dan infeksi usus yang sedang menderita dan sangat butuh bantuan.
Sama seperti anak-anak lainnya… Saya tidak kenal anak ini… Tapi saya tidak tega melihat penderitaannya, dan berjanji pada diri saya sendiri, tidak akan membiarkan anak ini mati pelan2 karna telat dibantu!
Mengharapkan jamkesmas…. ah, saya gak usah cerita yah, saya yakin smua orang tahu bagaimana sulitnya orang miskin berobat dengan jamkesmas dinegeri ini…
Jadi saya bilang sama mamanya,
“Ibu gak usah pake jamkesmas yah,… saya bukan orang kaya,.. tapi saya janji akan cari bantuan buat nando,.. supaya nando bisa cepat sembuh dan bisa sekolah kembali”.
Itu sebabnya kenapa saya bela-belain bolak balik ke RS,.. ijin share foto nando ke mamanya,… hanya supaya bisa galang dana buat nando berobat via jalur umum.
Gak tahunya, ada temen yang bbm begini:
Undangannya datang jam 23.17 malam, saat saya sudah tidur. Paginya baru saya baca… Tentu saja saya terharu luar biasa, saya pikir ini jawaban dari doa saya tadi malam buat bantu Nando.
Paginya saya bbm balik:
Boleh mba, acaranya jam berapa?
Baru dibales jam 12:
Jam 3-an.  Posisi dimana?
Saya Jawab, “Dijalan, rumahnya jauh soalnya”, krn ketika itu paginya, setelah drop anak disekolah, saya masih meeting dengan client, siangnya saya masih harus ke RS dulu, ketemu mamanya nando, minta ijin sama beliau untuk pake foto nando buat Charity, dan setelah dapat ijin dari mamanya Nando, barulah saya lalu berangkat menuju Hotel Sheraton, itupun nyasar-nyasar karena sopir saya masih baru, nyampe sana jam 17 an, udah telat emang, macet banget.
Begitu saya nyampe, saya langsung disambut baik oleh mbak Fifi, dan diperkenalkan ke yang hadir….
Saya disuruh menjelaskan tentang adik Nando yang ada di lembaran yang saya bawa. Ketika itu seingat saya ada TVONE, ada wartawan lain tapi saya gak tau dari mana (belakangan saya tau katanya dari Global TV juga ada).
Dihadapan para wartawan mereka bilang kalau Charity malam ini baju yang akan dijual akan disumbangkan ke Adik #Nando, buat biaya pengobatan.
Tentu saja saya berkali-kali hampir menangis karna haru, merinding karena merasa Tuhan segitu cepatnya menjawab doa saya… Ternyata Tuhan tidak membiarkan saya harus susah2 nyari bantuan buat nando…
Tiap denger ada yang nge-bid: Rp 80 juta!… Rp 90 juta… Rp 100 juta! Ya Allaaahhh, dada saya rasanya mau meledak karna haru…
Gak nyangka aja ada orang yang sebaik mereka, yang dengan gampangnya ngeluarin duit sebanyak itu buat bantuin anak yang bahkan baru mereka dengar ceritanya barusan…
“Thank U Lord… Thank U Lord… Thank U Lord”
Ketika kemudian diputuskan baju pertama yg dipake Christina (Iya, yg nyanyi lagu Jatuh Bangun), laku seharga Rp 100 juta oleh seorang Ibu yg saya lupa namanya,… saya udah nyaris pingsan karna haru… SERATUS JUTA Loh!
Nandoooooooo…… Tuhan baik banget ya nak,… kamu sekarang gak usah takut, kamu pasti bisa dioperasi dan pasti bakal sembuh… Ini ada malaikat-malaikat baik hati yang bantuin kamu… kamu gak usah pake jamkesmas nak…. gak usah pake ngantri… kamu pasti sembuh… PASTI!!!
Baju kedua, laku dengan harga Rp 90 Juta, dibeli oleh modelnya sendiri…
Siapa yang tidak terharu coba!
Yang kemudian bikin bingung adalah, ketika acara selesai, semua org bubar gitu aja, dan ga ada sedikitpun tanda2 ada transaksi apa-apa.
Saat saya tanya bagaimana prosedur pemberian bantuannya, barulah saya dikasih tau klo ternyata acara itu cuma settingan…
Aduh, bentar deh, saya gak salah dengar kan yah?
Saya tanya lagi,
“Maksudnya gimana mba, gak ngerti”
Mbak fifi jelasin
Jadi gini, acara charity yang tadi itu acara settingan, buat acaranya TVOne, nanti yang buat Nando, mbak bikin BroadCast Message aja, nanti kubantu cariin donatur, seperti waktu bayi NF dulu..
Waaaaaaahhhhhhhhhh….
Saya sumpah, marah luar biasa dengar itu, tapi karna saya masih waras dan orang tua saya sangat sukses mengajarkan good manner pada saya… akhirnya dengan penuh sopan santun dan bahasa yang halus saya berusaha bicara baik2
Me: Mbak, gini… Saya jujur masih gak ngerti maksudnya… Kok mbak ga bilang sih dari awal.. Klo saya tau ini acaranya kayak gini kan saya gak mungkin buang-buang waktu datang kesini mbak. Kalau memang itu acara settingan, saya gak mau ikut campur, tapi tolong smua gambar yang ada saya, atau foto nando TOLONG di CUT.
Her: Iya mba, aku juga gak tau itu settingannya kaya gitu, niatku kan cuma jembatani,… masalahnya mbak datangnya telat, jadi gak bisa ikutan gladi resik dulu.
Me: Kalau dikasih tau ini acara setingan aku malah ga bakal datang mba… Lagian mba ngasih taunya tadi malam banget, itupun saya gak tau kalo ini acara settingan.
Her: Makanya tunggu saya tanyain dulu sama designernya sama para donaturnya ya mba, karna saya juga gak ngerti
Nah lo… stress gak?
Mau marah, terlalu dini untuk marah. So I said to my self,
Ok, lupakan dulu harga diri sejenak, mari kita tunggu…kalau mereka masih berbuat bodoh dengan tetap menayangkan ini… well, they really underestimate me then.
Dan demi kepentingan acara mereka… rasa peduli mereka libassss… skarang pilihan ada ditangan saya, mau nerusin ini ke ranah hukum, dengan konsekwensi saya bakal sangat-sangat kehilangan waktu banyak untuk hal-hal menyebalkan seperti ini…. atau membiarkan ini, dan memilih untuk membaktikan sisa waktu saya untuk Tuhan dan sesama…
Ahhhh… dilema yang sulit…
Ada yang mau bantu saya mikir?

Sungkem,
Valencia Mieke Randa
The Beauty of life doesn’t Depend on how happy I am…
But on how happy others can be, because of Me…

1 Komentar:

Yohanz Rana Wijaya mengatakan...

Ikut marah saya kurang ajar banget

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...