02 Pursuit Motor Berbahan Bakar Udara

Written By Rison Sarundaek on Kamis, 24 November 2011 | 18.33

02 Pursui
Melbourne: Seorang mahasiswa desain Industri di Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) di Australia, Dean Benstead, berhasil menciptakan prototipe sebuah sepeda motor yang menggunakan bahan bakar udara bertekanan tinggi.

Sepeda motor unik "02 Pursuit" karya Benstead itu didasarkan pada geometri motocross 250 cc, dan menggunakan gear WR250F, dipadu dengan mesin udara DiPietro sebagai tenaga penggeraknya.

Dengan mesin itu, "02 Pursuit" dapat melaju dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam atau 62 mph. Tapi mengingat prototipe pertama ini dikembangkan dengan fokus pada desain bukan rekayasa, Benstead percaya bahwa kinerja mesinnya masih dapat ditingkatkan lagi.

"Konsep motor ini diciptakan dari penelitian sketsa di komputer, sebelum chassis dan bodywork dibangun dan fabrikasinya dilakukan di pabrik lokal, Rinlatech Teknik," kata Benstead.

Benstead yakin bahwa udara bergerak berkompresi tinggi, akan menjadi bahan bakar yang berperan cukup penting dalam dunia transportasi masa depan. "Saya ingin mengeksplorasi kemungkinan udara berkompresi sebagai bahan bakar alternatif, dan pengalaman masa kecil saya naik sepeda gunung mendorong saya merancang sepeda motor ini," tambahnya.

Benstead melihat kemungkinan motor prototipenya ini dikembangkan lagi menjadi model yang bisa dipasarkan secara luas. "Prototipe berikutnya akan mengalami desain ulang secara total, menggunakan bahan yang berbeda untuk sasis yang saat ini menggunakan pipa baja tabung, nantinya menggunakan aluminium atau futuristik titanium, untuk mengurangi berat motor." jelas Benstead.

"Pursuit 02" akan tampil dan dedemokan pada ajang pameran "Sydney Motorcycle & Scooter Show", di Australia pada Jumat 25 November. (gizmag.com/mla)

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...