Virus Andoid makin Merajalela

Written By Rison Sarundaek on Minggu, 20 November 2011 | 10.41

Beragam jenis virus yang dibuat untuk menyerang Android meningkat pesat. Bahkan dalam waktu empat bulan, program jahat yang menyerang sistem operasi itu naik hingga empat kali lipat.

Data tersebut didapat dari Juniper Global Threat Center berdasarkan riset yang mereka lakukan sejak Juli 2011. Penyebabnya jelas, selain bersifat terbuka, popularitas Android yang semakin melejit membuat sistem operasi ini menjadi sasaran utama.

Dikutip detikINET dari Wall Street Journal, Minggu (20/11/2011), metode penyerangan virus pun kian beragam, ada yang menyusup melalui aplikasi namun ada juga yang masuk melalui custom rom dari sumber yang tidak jelas.

Selain metode penyerangan yang semakin beragam, jenis virus di Android juga bermacam-macam. Sebanyak 55% dari total virus yang beredar adalah spyware, yang berfungsi untuk memata-matai aktifitas korbannya. Sedangkan 44% di antaranya merupakan SMS Trojan, yang bisa membuat korban secara otomatis berlangganan konten premium.

Nah untuk menghindari hal tersebut, pengguna disarankan untuk tidak sembarangan menginstal aplikasi. Ada baiknya diteliti terlebih dahulu dari mana program itu berasal dan akses apa saja yang diminta. Tapi jika ingin lebih mudah pengguna juga bisa menggunakan aplikasi keamanan dari pihak ketiga.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...