Yuk.. Jalan-Jalan Kampung Artis

Written By Rison Sarundaek on Rabu, 23 November 2011 | 10.52

Jika Anda penggemar sinetron Indonesia, Anda perlu mampir ke Kampung Artis yang berlokasi di Jl. Raya Cipayung, Komplek Binamarga, TMII, Jakarta Timur. Kampung Artis terkenal sebagai area lokasi shooting untuk berbagai sinetron dan film Indonesia. Hampir 80 persen dari sinetron dan film produksi Indonesia menggunakan Kampung Artis sebagai lokasi shooting.



Kampung Artis sendiri memiliki sekitar 40 bangunan untuk keperluan setting. Bangunan antara lain sekolah, tempat ibadah, restoran, bahkan rumah sakit. Selain itu terdapat pula salon, kantor, sampai rumah. Ada rumah sederhana, rumah modern, dan vila. Belum lagi rumah tradisional seperti rumah Betawi dan rumah Joglo.

Banyaknya variasi setting ini membuat pekerja film dan sinetron menjadi mudah dalam bekerja. Mereka bisa shooting di satu lokasi yang sama tanpa perlu pindah-pindah lokasi terlalu jauh. Apalagi Kampung Artis dilengkapi dengan studio rekaman serta penyewaan peralatan shooting dan perlengkapan properti shooting.



Awalnya tempat ini merupakan tempat berkumpulnya seniman musik dangdut dari Gajah Mada Record. Anda tentu kenal Mbah Surip. Nah, Mbah Surip salah satu seniman dari Kampung Artis. Masyarakat umum boleh datang ke Kampung Artis. Selain pengunjung dapat melihat dan berfoto-foto di setting, pengunjung juga dapat melihat langsung proses shooting jika kebetulan sedang ada produksi sinetron atau film.

Bahkan beberapa pengunjung yang datang merupakan wisatawan mancanegara dari Singapura, Malaysia dan Brunei. Memang beberapa sinetron Indonesia sangat laku di negeri jiran. Mereka khusus datang karena ingin melihat lokasi shooting dari sinetron favorit mereka. Syukur-syukur bisa melihat langsung acting artis dan aktor pujaan.

Rencananya, Kampung Artis akan dilengkapi dengan panggung, penginapan, toko suvenir, dan restoran. Selain itu akan ada fasilitas pendidikan acting dan pendidikan seni tari, sehingga wisatawan asing yang datang bisa menginap sambil ikut belajar akting atau menari.

Apalagi sejak 6 November 2010 yang lalu, Kampung Artis dicanangkan sebagai objek wisata daerah Jakarta Timur oleh Suku Dinas Pariwisata Jakarta Timur. Karena itu perlu penambahan fasilitas yang menunjang Kampung Artis menjadi tempat wisata. "Kampung Artis akan menjadi tempat pariwisata dalam dan luar negeri. Jadi nanti mungkin planning-nya untuk ke depan setiap hari di jam 4-5 ada acara," tutur Sugama Trisnadi, Direktur Utama Kampung Artis.

Acara yang ditampilkan adalah seni tradisional seperti Jaipongan dan Ondel-Ondel. Sebagai pertunjukan utama, akan tampil Wayang Betawi Kolaborasi hasil kreasi Tan Deseng, seniman kawakan yang telah mendapat berbagai penghargaan seni dalam dan luar negeri. Seni Wayang Betawi ini dipadu dengan lagu asal Tiongkok dan Karawitan Sunda dan Jawa.

Kelak, Kampung Artis tidak menutup kemungkinan akan menjadi Universal Studio Singapura. Hanya saja, Kampung Artis masih memiliki kendala dana. "Kita di sini masih mencari investor dalam atau luar negeri," kata Sugama. Ke depannya, Kampung Artis juga akan mengembangkan wisata kuliner. Jadi, cobalah bertandang ke Kampung Artis. Siapa tahu Anda akan bertemu pemain sinetron favorit Anda.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...