Oleh - Oleh kas makassar

Written By Rison Sarundaek on Kamis, 08 Desember 2011 | 09.04

Miniatur Kerajinan phinisi
Pertokoan di jalan Somba Opu menjadi tujuan perjalanan saya sore hari ini. Adik saya Mirna, minta tolong dibelikan miniatur perahu phinisi yang dijual di salah satu toko di situ. Saya bersama suami dan gadis mungil saya – Athifah memasuki toko Keradjinan. Seingat saya toko ini sudah lama sekali berdiri, lihat saja namanya ... masih memakai ejaan lama. Miniatur perahu phinisi ternyata beragam. Mulai yang terbuat dari kayu hingga perak. Harganya tentun saja juga beragam, mulai dari di bawah Rp. 100.000 hingga di atas Rp. 1.000.000.

Jika Anda menyusuri jalan Somba Opu, ada beberapa toko di sini yang menjual oleh-oleh khas Makassar. Mulai dari yang kecil seperti gantungan kunci dan bros hingga miniatur perahu phinisi ukuran besar. Ada hiasan dinding, ada pula kerajinan sutera Bugis, mulai dari kain sutera hingga kipas, dompet, dan tas.

Miniatur rumah Toraja juga ada beserta kerajinan Toraja. Makanan pun ada, beragam kue kering dan makanan khas lainnya. Ada pula kupu-kupu sampai tarantula yang diawetkan. Kalau ingin memberi buah tangan khas Makassar, di sinilah tempatnya. Kalau tidak puas di toko yang satu, tinggal mencari toko-toko lain yang mungkin akan memberikan kepuasan bagi Anda. Lho?

Boneka mungil berpakaian adat Bugis/Makassar

Pernak-pernik kecil

Perhiasan dari batu
Dompet dan kipas dari kain sutera
    

Kacang-kacangan dan jagung-jagungan

Gantungan kunci

Aneka minyak gosok



Bros abjad dari perak

Kain Tenun toraja

aneka tas

aneka sari buah markisa

songkok bugis

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...