Siman Raja Renang Baru Sea games dari Indonesia dengan 3 Emas

Written By Rison Sarundaek on Kamis, 17 November 2011 | 09.53

Perenang muda I Gede Siman Sudartawa mencetak hat trick di cabang renang dengan meraih medali emas di nomor 50 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 25,62 detik. Medali itu melengkapi yang diperoleh dari nomor 200 dan 100 meter gaya punggung.


"Medali emas ini saya persembahkan untuk pelatih saya," kata Siman setelah lomba di Aquatic Centre Jakabaring Palembang, Rabu, 16 November 2011.

Medali perak di nomor itu direbut Glenn Victor Sutanto yang finis dengan catatan 26,02 detik. Di urutan perenang Singapura Quah Zheng Wen finis ketiga dengan catatan waktu 26,38 detik.

Pelatih tim renang SEA Games Indonesia, Albert Sutanto, mengaku bangga dengan pencapaian salah satu anak asuhnya. "Kita sama bangganya seperti Siman, secara mental memang bagus. Selain itu, dia disiplin dalam berlatih," katanya.

Menurut Albert, Siman sebelumnya tak masuk dalam ekspektasi untuk bisa menorehkan prestasi di SEA Games. "Karena memang ini SEA Games pertamanya, dan berdasarkan pengalaman, tidak mudah berada dalam tekanan seperti itu. Tapi ternyata dia bisa," katanya.

Selain menyumbang medali emas, Siman kembali mempertajam rekor nasional atas namanya sendiri. Sebelumnya, Siman membukukan 25,88 detik di ajang Kejuaraan Asia Kelompok Umur 2011 di Jakarta, Oktober lalu. Sehari sebelumnya, ia juga memecahkan rekor SEA Games di nomor gaya punggung 100 meter putra.

Siman juga sudah memastikan diri untuk turun di Olimpiade London 2012. Catatan waktu Siman pada kejuaraan Singapura Terbuka akhir September lalu. Siman dipastikan bisa lolos kualifikasi limit B 100 meter dan 200 meter gaya punggung. Dia akan digempur lagi untuk bisa menghadapi persaingan di tingkat dunia nanti. Selain Siman, terdapat Glenn Victor Sutanto (100 meter gaya kupu-kupu), Triyadi Fauzi (200 meter gaya kupu-kupu), dan Indra Gunawan (100 meter gaya dada) yang juga lolos.

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...