Risa Suseanty Persembahkan Emas Dari Downhill

Written By Rison Sarundaek on Minggu, 13 November 2011 | 10.18

Medali emas dari nomor downhill SEA Games ini membuat Risa Suseanty merebut medali emas kelima sepanjang karirnya.

Julukan Ratu Downhill Asia Tenggara rasanya pantas diberikan pada Risa Suseanty setelah kembali merebut medali emas pada cabang balap sepeda nomor downhill SEA Games 2011 di Gunung Pancar, Sabtu, (12/11). Ini merupakan medali emas kelima untuk Risa sepanjang karirnya.

Risa terlihat sangat emosional pada kemenangan kelimanya. Saat upacara penghormatan pemenang, atlet berusia 31 tahun ini menangis ketika lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang.

"Saya sangat terharu dengan kemenangan ini. Dulu saya mendapat medali emas pertama saat Indonesia menjadi tuan rumah di tahun 1997. Ini adalah emas kelima setelah sekian tahun berkarir dan saya kembali mendapatkannya saat Indonesia menjadi tuan rumah," ujarnya.

Risa mengawali debutnya di SEA Games 1997 yang langsung membuahkan medali emas. Setelah itu, ia melengkapi rekornya dengan mempertahankan gelar di Brunei pada tahun 1999 dan Malaysia di tahun 2001.

Namun, dominasinya mulai pudar di tahun 2003 saat ia hanya mampu meraih medali perak di Vietnam. Posisinya makin melorot saat SEA Games 2005 di Filipina, di mana Risa hanya meraih medali perunggu.

Setelah absen di SEA Games 2007, Risa bangkit dan kembali ke puncak dengan merebut medali emas di SEA Games 2009 di Laos dan melengkapi dominasinya di pentas downhill Asia Tenggara dengan medali emas kelima di Gunung Pancar.

Risa berharap dua medali emas di nomor downhill bisa diteruskan oleh rekan-rekannya di nomor lain.

"Semoga saja, dua medali emas di nomor downhill bisa jadi pembuka jalan dan menambah motivasi rekan-rekan di nomor lain untuk meraih medali emas lagi," imbuhnya.

Cabang balap sepeda masih akan berlanjut pada Minggu (13/11) besok dengan nomor cross-country putra dan putri di Sentul, sementara nomor jalan raya akan dimulai Senin (14/11) hingga Kamis (17/11).

Setelah itu, nomor BMX akan digelar Jumat (18/11) di Ancol, dilanjutkan dengan nomor track di velodrome Rawamangun, Sabtu (19/11) hingga Senin (21/11). sumber http://www.beritasatu.com

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...