YouTube Bayar Rp 1,4 Miliar untuk Video Ngetop

Written By Rison Sarundaek on Senin, 14 November 2011 | 16.11

Jakarta - Orang yang berhasil membuat video bertema keluarga ngetop di YouTube, ternyata mendapat bayaran dari situs berbagi video itu. Terungkap bahwa bayaran yang diterima bisa mencapai 100 ribu poundsterling atau sekitar Rp 1,4 miliar.

YouTube menjalin kemitraan dengan beberapa keluarga yang video buatan mereka populer di YouTube. Sistemnya adalah dengan berbagi pendapatan dari iklan yang dipertunjukkan dalam video.

Kesepakatan semacam ini banyak dilakukan dengan berbagai keluarga yang memposting video lucu. Misalnya tentang bayi mereka yang bertingkah unik dan mendapat perhatian luas dari pengakses YouTube.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Senin (14/11/2011), pihak YouTube mengawasi video yang di-upload ke website mereka. Jika terbukti banyak diklik dan kira-kira akan terus melesat, mereka akan menghubungi pembuatnya dan menawarkan uang.

Salah satu yang sudah mendulang uang dari YouTube adalah Howard Davies Car. Video tentang anaknya yang berjudul 'Charlie bit my finger' disaksikan ratusan juta kali dan ia mendapat uang sekitar 100 ribu poundsterling.

"Sejak anakku lahir, aku selalu merekam mereka. Video ini sebenarnya adalah video pertama yang kuposting online," kata Davies Carr yang bermukim di Inggris ini.

Orang tua lain yang beruntung adalah David DeVore yang memposting video berjudul 'David after dentist'. Video ini membuatnya menerima uang hampir 100 ribu poundsterling dari YouTube setelah disaksikan sekitar 100 juta kali.

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...