Khasiat di Balik Harumnya Aroma Kayu Manis

Written By Rison Sarundaek on Selasa, 24 Januari 2012 | 11.29


Khasiat di Balik Harumnya Aroma Kayu Manis - KAYU manis identik digunakan sebagai bumbu dalam penganan dalam perayaan Natal. Tapi tidak hanya menghadirkan aroma manis dan pedas pada makanan saja, ramuan kayu manis dapat menjaga kesehatan Anda juga. 

Jika biasanya Anda menggunakan kayu manis hanya sebagai bahan tradisional dalam kue Natal dan kue pie, kayu manis (cinnamomum verum) adalah salah satu rempah-rempah tertua yang dikenal manusia.

Pada awal Abad Pertengahan, kayu manis dijadikan herbal sebagai stimulator nafsu makan dan pencernaan. Diperoleh dari kulit kayu bagian dalam dari berbagai varietas pohon Cinnamomum, kayu manis tidak hanya memiliki aroma yang sangat enak dihirup, tapi juga memberikan banyak manfaat tubuh.

Berikut khasiat kayu manis dalam menangkal beberapa ragam penyakit sebagaimana disitat Healtmeup:

-Mampu Mengurangi Risiko Diabetes tipe-2
Penelitian di Pakistan dan Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa kayu manis memiliki aksi hipoglikemik karena kandungan chalconoids di dalamnya. Chalconoids atau juga dikenal sebagai chalcone adalah kelompok flavonoid (senyawa kimia yang dibuat dari tumbuhan yang dapat meningkatkan kesehatan Anda), yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang tidak menyenangkan.

Salah satu contohnya, chalconoids mampu mengurangi tingkat gula dalam darah yang disebabkan resistensi insulin yang meningkat. Jadi, dengan kata lain, kayu manis membantu mencegah tingginya tingkat glukosa dalam darah, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan ginjal.

-Sebagai Obat Jamur dan Anti bakteri
Chalconoids juga dikenal sebagai antijamur dan antibakteri sehingga dapat membantu untuk mengobati berbagai macam infeksi.

-Mengatasi radang Sendi
Perpaduan racikan kayu manis dan madu adalah obat tradisional untuk sakit radang sendi. Hal ini telah didukung oleh penelitian yang dilakukan di Universitas Kopenhagen. Cobalah mencampur dua sendok teh madu dengan satu sendok teh kayu manis ke dalam air panas, gunakan pada pagi dan sore.

-Mengatasi Berbagai Masalah dalam Perut
Pencernaan bantuan ramuan ini secara tradisional digunakan untuk berbagai masalah perut, dari mual dan muntah diare.

-Akar Kayu Manis untuk Sariawan
Bila terserang sariawan atau pendarahan pada gusi, gunakan air rebusan akar kayu manis untuk berkumur dan lakukan sesering mungkin.

Bagaimana cara menggunakannya? Cinnamon atau kayu manis ini dapat digunakan untuk menjadikannya teh. Biarkan batang kayu manis mengeluarkan aromanya dalam secangkir teh Anda. Kayu manis pun dapat diolah dan menghasilkan minyak esensial, juga telah dijual di pasaran dalam bentuk tablet dan kapsul.

Tetapi yang patut selalu Anda perhatikan adalah dosis atau kuantitas penggunaannya. Beberapa orang yang alergi dengan kayu manis dapat menjadi sakit kepala. Pada penderita diabetes yang sedang dalam penanganan dokter dan obat dari dokter, sebaiknya berkonsultasi dahulu jika ingin mengonsumsi kayu manis karena kayu manis dapat mengganggu kinerja obat diabetes.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...