Profil Boko Haram , 'Taliban' di Nigeria

Written By Rison Sarundaek on Minggu, 22 Januari 2012 | 09.40


Kelompok Boko Haram kembali beraksi. Terakhir, sekte Islam di utara Nigeria ini mengaku bertanggung jawab atas rangkaian serangan bom dan penembakan yang menewaskan sedikitnya 121 orang. Aksi kekerasan di Kano, Jumat (20/1), menyasar aparat keamanan yang berada di kota kedua terbesar di Negeria itu. Siapa kelompok Boko Haram?

Seperti dilansir Reuters, Minggu (22/1/2012), Boko Haram mulai aktif pada tahun 2003 dan berada di utara Nigeria seperti kota Yobe, Kano, Bauchi, Borno dan Kaduna. Kekerasan yang terjadi juga didasari oleh ketegangan antara wilayah utara Nigeria yang kebanyakan bergama Muslim dan wilayah selatan yang mayoritas Kristen.

Dalam bahasa Hausa, bahasa di utara Nigeria, Boko Haram berarti "pendidikan Barat adalah haram." Kelompok ini kurang lebih seperti model pergerakan Taliban di Afghanistan. Bagi kelompok ini, setiap orang yang tidak mengikuti ideologinya adalah kafir, tak peduli apakah mereka Kristen atau Islam. Boko Haram menginginkan penerapan hukum Syariah di seluruh wilayah Nigeria.

Para pengikut Boko Haram sembahyang di masjid terpisah di sejumlah kota seperti Maiduguri, Kano dan Sokoto. Mereka biasanya berjenggot panjang bagi pria, dan mengenakan jilbab panjang warna merah atau hitam bagi yang wanita.

Di Januari ini, kelompok tersebut juga mengultimatum penduduk beragama Kritsen di utara Nigeria untuk keluar dari wilayah tersebut. Sejak ultimatum disampaikan, serangan di utara Nigeria telah menewaskan banyak korban dan membuat penduduk Kristen melarikan diri ke selatan. Atas kekerasan itu, Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan, telah mendeklarasikan negara dalam keadaan darurat pada 31 Desember 2011.

Jonathan mengatakan sekte kekerasan itu memiliki pendukung bahkan di dalam pemerintahan sendiri dan ketidakamanan yang diciptakan kelompok tersebut lebih buruk daripada perang sipil yang pecah di Nigeria tahun 1967 dan menewaskan lebih dari satu juta orang.


Berikut adalah sejumlah serangan besar Boko Haram:

- Juli 2009, Boko Haram melancarkan serangan di tenggara kota Bauchi setelah penahanan sejumlah anggotanya oleh aparat. Mereka bentrok dengan polisi dan tentara di wilayah utara kota Maiduguri. Sekitar 800 orang tewas dalam pertempuran lima hari di dua kota tersebut.

- Setelah bulan itu, pemimpin sekte Boko Haram, Mohammed Yusuf, ditangkap dan ditahan oleh pasukan keamanan Nigeria. Beberapa jam kemudian, ia ditembak mati.

- Juli 2010, Abubakar Shekau, mantan wakil pemimpin Boko Haram, yang diduga telah tewas di tangan polisi pada 2009, muncul dalam sebuah video dan mengklaim kepemimpinan kelompok itu.

- Desember 2010, Boko Haram mengaku berada di belakang pemboman di sental Nigeria dan menyerang gereja-gereja di tenggara. Pemboman ini menewaskan sedikitnya 86 orang.

- 16 Juni 2011, sebuah bom mobil meledak di lapangan parkir di luar Markas Kepolisian Nigeria di Abuja dan menewaskan sedikitnya dua orang. Boko Haram mengakuk bertanggung jawab atas ledakan itu.

- 26 Juni 2011, sekitar 25 orang tewas dalam sejumlah ledakan bom di distrik Dala, Maiduguri. Anggota Boko Haram melempar sejumlah bom ke dalam bar dan kafe di kota itu.

- 25 Agustus 2011, sejumlah anggota Boko Haram menyerang pos polisi di tenggara Nigeria, menewaskan 5 orang polisi dan seorang tentara. Setelah itu, mereka menuju First Bank dan Union Bank, tempat di mana mereka membunuuh 7 staf bank dan mengambil sejumlah uang.

- 26 Agustus 2011, pembom bunuh diri melakukan aksinya di gedung PBB di Abuja. Sedikitnya 23 orang tewas dan 76 luka-luka. Tiga hari setelahnya, Boko Haram mengaku bertanggung jawab atas kejadian itu. Kelompok ini menuntut dibebaskannya tahanan dan berjanji mengakhiri tindakan kekeraasan. Ini adalah aksi bom bunuh diri pertama di Nigeria dan telah menandai eskalasi taktik kelompok itu. Peristiwa itu juga menunjukkan kecanggihan ledakan yang dihasilkan kelompok itu.

- 4 November 2011, sedikitnya 65 orang tewas di kota Damaturu dan desa Potiskum. Serangan juga termasuk gelombang pemboman di Maiduguri, tempat di mana sejumlah serangan terburuk dilancarkan kelompok Boko Haram.

- Natal (25 Desember) 2011, serangan bom terjadi di sebuah gereja dekat Abuja dan menewaskan 37 orang. Boko Haram mengaku bertanggung jawab atas serangan bom itu.

- 10 Januari 2012, tersangka anggota Boko Haram mengumbar tembakan pada sebuah bar di tenggara kota Potiskum, Yobe. Serangan itu menewaskan 8 orang, 4 di antaranya adalah polisi,

- 20 Januari 2012, serangkaian pemboman dan penembakan terhadap petugas keamanan di wilayah utara kota Kano, menewaskan lebih dari 100 orang. AFP melaporkan korban tewas sedikitnya 121 orang.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...