Ini Dia Atraksi Wisata "Festival" Menarik Tahun 2012

Written By Rison Sarundaek on Kamis, 26 Januari 2012 | 19.33


Festival-festival seni budaya dan wisata bertaburan di Indonesia. Jika Anda masih merancang akan berwisata ke mana di tahun 2012 ini, maka Anda bisa lirik destinasi-destinasi wisata yang menawarkan festival-festival menarik. Setiap provinsi di Indonesia menawarkan agenda wisata yang bisa menjadi panduan calon pelancong. Berikut beberapa agenda wisata pada 2012 yang bisa menjadi pilihan Anda di setiap bulannya.

Januari. Dalam rangka perayaan Imlek, Ancol Taman Impian Jakarta akan menghadirkan "The Longest Firework Musical". Atraksi kembang api akan berlangsung selama 25 menit. Bukan sekadar kembang api biasa, ledakan kembang api akan seirama dengan musik baik di dalam laut maupun udara. Pentas kembang api bertemakan "Dragon Light" tersebut bisa Anda saksikan di Dermaga Beach Pool.

Februari. Anda bisa merencanakan perjalanan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mampir ke Pantai Kuta untuk ikut kemeriahan Festival Bau Nyale. Sejak lama, masyarakat setempat mengadakan upacara Menyisik atau memanggil cacing laut. Cacing inilah yang disebut Nyale. Upacara akan diikuti oleh ribuan masyarakat dan biasa dilakukan di sore hari. Puncak acara, orang-orang akan memadati pinggiran pantai untuk menangkap nyale. Nyale hanya muncul setahun sekali. Menurut legenda setempat, nyale merupakan perwujudan dari putri cantik bernama Mandalika.

Maret. Sumba, Nusa Tenggara Timur, bisa menjadi pilihan destinasi wisata di bulan Maret untuk menyaksikan Festival Pasola. Pasola adalah "perang-perangan" antara dua kelompok berkuda. Dua ratus pemuda dengan tombak kayu, saling beradu di atas kuda. Kuda Sumba memang terkenal besar-besar karena merupakan hasil persilangan antara kuda Arab dan lokal.

April. Festival Legu Gam di Ternate, Maluku Utara, bisa menjadi agenda wisata yang menarik di bulan April. Pesta rakyat ini diadakan untuk memperingati ulang tahun Sultan Ternate. Uniknya, pesta ini diadakan selama seminggu dan dipenuhi dengan pertunjukan aneka budaya khas masyarakat setempat. Acara akan berpusat di Kedaton dengan puncak acara berupa silahturahmi antara Sultan dan masyarakat.

Mei. Siapkan perjalanan Anda ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Anda dapat menyaksikan Festival Budaya Issen Mulang. Pawai mobil hias akan meramaikan kota Palangkaraya. Tidak hanya itu, aneka pertunjukan budaya seperti permainan rakyat, olahraga tradisional, tarian tradisional Dayak, hingga kesenian khas daerah setempat akan meramaikan festival tersebut. Anda juga dapat bertemu pria-pria suku Dayak yang tambil dengan aneka senjata tradisional seperti mandau dan sumpit.

Juni. Ikuti semarak Festival Malioboro di Yogyakarta yang akan bertempat di empat titik, yaitu Taman Parkir Abu Bakar Ali, sepanjang Jalan Malioboro, Benteng Vredeburg, dan kantor Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Aneka pagelaran seni dan budaya akan memeriahkan festival ini dan tumpah di tengah keramaian kota Yogyakarta. Ibarat melihat pentas seni di tengah jalan.

Juli. Jember memang identik dengan Jember Fashion Carnaval. Jika Anda belum pernah menyaksikan carnaval tenar ini, maka rencanakan perjalanan Anda ke Jember, Jawa Timur. Pusat kota Jember disulap bagaikan catwalk yang menampilkan gabungan antara kreativitas fashion dan seni pentas karnaval. Acara ini sudah dikenal hingga ke mancanegara. Parade busana warna warni dengan balutan unsur teatrikal akan memukau mata dan telinga Anda.

Agustus. Festival Layang-layang Muna di Kota Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, bisa menjadi pilihan agenda wisata Anda. Layang-layang sudah menjadi ritual masyarakat Muna setiap tiba musim panen. Mereka akan menaikkan layang-layang selama tujuh hari. Saat diturunkan, makanan akan digantung di tali layangan. Kemudian tali diputuskan sehingga makanan akan terbang bersama layang-layang. Hal ini sebagai simbol menolak bala.

September. Jika Anda penggila diving, maka agendakan Festival Bahari Raja Ampat untuk wisata Anda. Festival tersebut akan berlangsung di Raja Ampat, Papua. Raja Ampat sudah terkenal di dunia sebagai salah satu tempat menyelam terbaik dunia. Selain diving, saat festival terdapat aneka kegiatan seperti lomba perahu dayung, lomba kano, sampai atraksi budaya lokal. Wisatawan juga dapat melihat aneka perahu tradisional seperti jawati dan perahu kajang. Juga atraksi menangkap ikan di laut dengan cara tradisional yaitu menggunakan tombak dan panah.

Oktober. Angklung mungkin alat musik yang terlintas di kepala bila menyebut musik bambu. Nyatanya, ada beragam aneka alat musik yang dibuat dari bambu. Tak percaya? Datang saja ke Festival Musik Bambu Nusantara di Bandung, Jawa Barat. Anda dapat melihat penampilan musik menggunakan angklung, karinding, celempung, seruling, calung, sampai lodong. Pertunjukan musik makin apik karena berupa kolaborasi alat musik tradisional bambu dengan alat musik modern.

November. Bali juga mengenal tradisi ala karapan sapi milik Madura. Penasaran seperti apa acara tersebut? Anda bisa datang ke Jembrana untuk melihat Festival Makepung. Ajang lomba balap kerbau tersebut menjadi tradisi para petani Jembrana. Acara juga menampilkan penampilan tarian kreasi Makepung yang terinspirasi dari lomba balap kerbau, dengan iringan gamelan Jegog.

Desember. Festival Way Kambas di Lampung bertempat di Taman Nasional Way Kambas sebagai obyek wisata favorit di Lampung. Taman nasional tersebut merupakan tempat konservasi gajah. Sehingga, dalam festival akan tampil atraksi gajah seperti tarik tambang antara gajah dan manusia. Selain itu, aneka kesenian daerah juga akan unjuk gigi di Festival Way Kambas.

Lovely Desember Toraja, masih di bulan desember anda baiknya berkunjung ketanah toraja menikmati pesta adat Rambu Solo, dengan Pagelaran seni dan adat daerah yang merupahkan rangkaian Acara Lovely Desember Toraja.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...