Perempuan Misterius Pembela Hak Pejalan Kaki di Semanggi (Video)

Written By Rison Sarundaek on Kamis, 26 Januari 2012 | 14.03


Peristiwa tertabraknya 9 pejalan kaki di Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, pada Minggu (22/1) lalu oleh Afriyani Susanti mengingatkan betapa hak pejalan kaki seringkali dizalimi. Alhasil, kemunculan perempuan misterius pembela hak pejalan kaki mendapat acungan jempol.

Perempuan misterius itu terlihat di sebuah video di Youtube yang diposting oleh Shantonio Siagian, pemilik akun 'wierki14' pada 3 September 2009. Video itu berjudul 'Pembela Hak Pejalan Kaki'. Sudah lama memang, tapi video itu menjadi perbincangan seiring dengan insiden Minggu Kelabu yang menewaskan 9 pedestrian.

Video berdurasi 2 menit 38 detik ini tampak diambil di bawah Jembatan Semanggi, jalan yang diperuntukkan untuk pemotor. Dalam video ini terlihat perempuan berjilbab yang berjalan di trotoar. Mirisnya, trotoar tempat perempuan itu berjalan diambil haknya oleh para pemotor.

Dengan hati-hati perempuan itu berjalan melawan arah di trotoar yang dipenuhi pemotor yang melaju ke arah sebaliknya. Tak cuma berjalan, perempuan itu tampak berbicara kepada para pemotor, lalu beberapa saat para pemotor menurunkan motornya melewati trotoar. Terus menerus perempuan itu melawan arus, sendirian, tampak menasihati pemotor yang tak tahu diri menaiki trotoar, mengambil jalan pintas.

"Tadi sore, kira-kira pukul lima sore, saya berhenti sejenak di bawah Jembatan Semanggi, karena macet luar biasa. Sembari menunggu lalu lintas berkurang, saya melihat-lihat keadaan. Jalanan yang padat membuat banyak pengendara motor yang mengambil jalan pintas, naik ke trotoar. Hal ini rupanya membuat berang seorang ibu muda, yang dengan gagahnya melabrak para pengendara motor yang naik ke trotoar. Semuanya dipaksa turun olehnya," demikian komentar sang pengunggah video dalam laman miliknya.

Pakar tata kota Marco Kusumawijaya dalam akun twitternya @mkusumawijaya pun berbagi situs video ini dan berkata, "Tolong donk, bantu cari nama dan nomor kontak Ibu sakti ini: pembela hak pejalan kaki".

Hingga pukul 12.25 WIB, video itu sudah ditonton 4.521 kali dan disukai (like) 167 orang dan 63 komentar. Rata-rata mereka salut terhadap keberanian perempuan itu. "Salut! Keren! Mantap!" begitu pujian yang tertulis.

Nah, siapakah perempuan misterius pemberani pembela hak pejalan kaki itu?

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...