Dokter Keluarkan Paku & Jarum di Tubuh Safira

Written By Rison Sarundaek on Rabu, 02 November 2011 | 19.20

Pare-pare - Safira, balita berusia 3 tahun asal Pare-pare, Sulsel mengalami kejadian aneh bin ajaib. Ada 25 paku dan 1 jarum bersarang di betisnya. Dokter berhasil mengeluarkan logam itu, namun masih ada logam lain di punggungnya.

Tim dokter RSUD Andi Makkasau, Kota Pare-pare, Sulsel, telah mengeluarkan 25 paku dan 1 jarum dari betis. Kini dokter menyiapkan rencana mengeluarkan logam lain di punggung Safira.

Menurut dr Kamaruddin Said SpB dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (2/11/2011), operasi pengangkatan benda asing telah sukses dilakukan pada Selasa (1/11) kemarin pukul 12.00-15.30 Wita. Tim dokter mendapatkan 25 besi menyerupai paku yang diulir dan 1 jarum suntik.

"Benda asing tersebut kami tidak mengetahui bagaimana cara dimasukkannya, belum ada keterangan juga dari keluarganya," kata Kamaruddin.

Keluarga melaporkan benda asing itu sudah ada di betis Safira sejak 6 bulan lalu. Namun tugas dokter belum selesai. Masih ada logam di punggung Safira yang belum diambil.

"Operasi yang kemarin bukan yang terakhir. Masih ada satu sisa material benda asing di punggung Safira. Tapi tim dokter belum melakukan pembedahan, menunggu hasil pemeriksaan lanjutan," kata Kamaruddin.

Kamaruddin menjelaskan kondisi Safira kini masih dalam perawatan. Betisnya dibalut perban untuk membungkus sisa jahitan dari operasi.

Sebelumnya, sang ibunda, Syarifah pertama kali menemukan 4 besi yang menancap di betis putrinya 6 bulan lalu. Dia tidak melaporkan peristiwa ini ke RS atau Dinkes setempat karena tidak punya biaya dan putrinya tidak merasakan sakit.

Syarifah adalah janda miskin yang sudah cerai dengan suaminya setahun silam. Dia tinggal di rumah keluarganya di Jl Abubakar Pabelang, Kecamatan Bacukiki Barat, Pare-pare. Mantan suaminya Ibrahim, tidak diketahui di mana keberadaannya.

Sebelum dilakukan pembedahan, di kaki Safira terlihat normal, namun ketika betisnya diraba terasa adanya kumpulan besi di betis Safira. Safira dijemput pihak RS untuk tindakan medis pada Jumat, 28 Oktober 2011, setelah tim dokter mendapat informasi. Hari itu juga dilakukan foto Rontgen dan diketahui ada 26 material besi berukuran 1-7 cm di kakinya.

sumber: detik.com

0 Komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...