Albino Shark Cyclops Ditemukan: Nyata atau Hoax?

Written By Rison Sarundaek on Kamis, 03 November 2011 | 11.46

Ada lagi nih, hewan yang mirip tokoh superhero. Tau Cyclops dari X-Men kan, nah hiu ini kayanya mirip banget ma tokoh komik Marvel itu. Baru baru ini seorang nelayan menemukan seekor hiu albino bermata satu di Teluk California pada musim panas tahun ini. Hiu aneh bin ajaib ini didapatkan saat masih menjadi janin di perut hiu banteng hamil yang tertangkap oleh nelayan setempat.

Tentu saja hiu aneh ini menarik banyak perhatian warga sejak fotonya dipublikasikan oleh Pisces Fleet Sport fishing. Pasalnya, selain berwarna albino (yang jarang ditemukan pada makhluk hidup) hiu ini hanya memiliki satu mata. Awalnya banyak yang ngga percaya ada hiu labino bermata satu & menyangka foto dari hiu albino bermata satu ini

Cuma hasil rekaan photoshop aja.Tapi peneliti dan ahli hiu sudah memeriksa kebenaran dari keberadaan hiu yang sangat langka ini dan menyatakan kalau hiu albino ini benar benar nyata dan ada. Walaupun sangat jarang terjadi, hiu albino bermata satu memang benar benar ada.

Seorang ahli hiu bernama Felipe Galvan Magana dari Meksiko Centro de Ciencias Interdisciplinario del Mar mengatakan kalau sejauh yang dia tahu, ada sekitar kurang dari 50 contoh kelainan seperti hiu albino ini yang telah direkam dan dicatat. Kondisi mata satu dari hiu albino ini dikenal dengan cyclopia. Cyclopia terjadi dalam spektrum cacat otak dan wajah yang dikenal sebagai holoprosencephaly.

Kasus yang paling parah jika menderita penyakit ini adalah keguguran atau janin yang terlahir mati. Penyakit cyclopia merupakan kelainan bawaan yang langka. Penyakit ini ditandai oleh kegagalan bagian depan otak untuk membagi orbit mata secara benar menjadi dua rongga. Hasilnya makhluk hidup yang menderita cyclopia hanya memiliki satu rongga mata.

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...